Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Stefanos Tsitsipas maju ke perempat final Monte Carlo Masters setelah menang 7-5 7-6(1) atas Laslo Djere, Kamis, sementara unggulan keempat Casper Ruud disingkirkan dua set langsung oleh Grigor Dimitrov.

Tsitsipas hanya sekali break dalam pertandingan di mana break point tidak banyak tercipta, tetapi unggulan ketiga asal Yunani itu berhasil memanfaatkan saat yang paling penting pada akhir set kedua untuk memastikan kemenangan.

Set pembuka berjalan dengan baik bagi keduanya tetapi servis Djere dipatahkan ketika dia tertinggal 4-5 setelah membuat tiga kesalahan ganda.

Djere bertahan tetapi Tsitsipas mengganti persneling dan mematahkan servisnya pada gim berikutnya ketika petenis Serbia itu melepaskan pukulan  melebar saat set point.

Set kedua hampir sama dengan yang pertama dengan hanya satu break point di antara keduanya. Kali ini Djere memaksakan tiebreak, tetapi Tsitsipas tak terbendung saat merebut lima poin pertama sebelum menutup pertandingan dengan forehand winner.

Baca juga: Zverev melaju ke 16 besar Monte Carlo Masters

"Saya tahu saya harus waspada dan 100 persen, dia pemain yang bisa bertanding dengan sangat baik di lapangan tanah liat... Saya benar-benar harus bekerja keras untuk memenangkan ini," kata Tsitsipas seperti dikutip Reuters.

"Awal tiebreak sangat penting untuk mendapatkan start yang bagus dan dinamis... Saya mampu mendikte reli-reli itu dan benar-benar unggul pada awal pertandingan."

Sebelumnya, Ruud menjadi korban terakhir turnamen ini setelah kalah 3-6, 5-7 dari petenis Bulgaria Dimitrov yang melaju ke perempat final untuk keempat kalinya.

"Saya hanya berusaha melakukan hal-hal sederhana. Sejauh ini berjalan dengan baik," kata Dimitrov.

Petenis Spanyol Alejandro Davidovich Fokina yang menumbangkan nomor satu dunia Novak Djokovic awal pekan ini, mencapai delapan besar setelah menang 6-4 6-1 atas David Goffin.

Dia akan bertemu unggulan ke-10 Taylor Fritz yang mengalahkan Sebastian Korda 7-6(4) 7-5 dalam pertarungan sesama petenis Amerika.

Baca juga: Korda kalahkan Alcaraz dalam pertempuran tiga jam di Monte Carlo
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022