Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta suporter menyukseskan kembali Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia pada 2023.

"Tunjukkan bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik. Ada 23 timnas (tim nasional) negara lain yang akan datang," kata Amali, Kamis, melalui tayangan video yang disiarkan langsung dalam acara Markas Suporter: Apresiasi Suporter #Dukung Dari Rumah.

Harapan Amali ini tidak lepas dari kesuksesan Piala Menpora 2021 hingga Liga 1 2021/2022 yang diadakan di tengah pandemi COVID-19.

Kesuksesan dua turnamen besar olahraga tersebut, kata dia, tidak lepas dari peran suporter yang telah mematuhi aturan pemerintah dengan tidak mendatangi stadion.

Baca juga: Shin senang performa timnas U-19 meski kalah 1-3 dari Yeungnam

"Orang-orang yang tidak percaya bahwa suporter Indonesia bisa tertib, terbantahkan," kata dia.

Menpora berharap suporter sudah bisa hadir langsung di stadion untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.

"Berikan kesan yang baik. Suporter Indonesia adalah penonton yang baik. Tunjukkan kepada 23 negara (peserta) bahwa kita adalah tuan rumah yang baik dan mereka nyaman berada di Indonesia," pungkas Amali.

Piala Dunia U-20 merupakan turnamen yang digelar oleh FIFA dan dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan seharusnya diadakan pada Mei-Juni 2021.

Akan tetapi FIFA memutuskan menundanya akibat pandemi COVID-19, dan kemudian diputuskan digelar pada 2023 dengan Indonesia tetap tuan rumahnya.

Baca juga: PSSI temui dua pemain U-19 keturunan Indonesia di Belanda

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022