Pemprov terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik Kemenpora maupun Sekretariat Negara serta Kementerian LHK RI
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap menyukseskan pelaksanaan Pra Summit atau Pra Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) III Y20 Summit pada 21-22 Mei 2022 secara hybrid di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelaksana tugas Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Kaltim Deni Sutrisno menjelaskan Kaltim ditetapkan sebagai pelaksana Pra KTT III Y20 Summit, berdasarkan surat dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Nomor B-PP.04.01/12.6.2/DII-6/XII/2021 tanggal 6 Desember 2021 mengenai Dukungan Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Pertemuan Y20.

Baca juga: Pemprov Kaltim targetkan penurunan kasus stunting 14 persen pada 2024

“Insyaallah Kaltim siap melaksanakannya. Sedangkan kesiapan bagaimana pelaksanaan dimaksud, saat ini Pemprov terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik Kemenpora maupun Sekretariat Negara serta Kementerian LHK RI,” ucap Deni Sutrisno di Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Kamis.

Menurut Deni, persiapan terus dilakukan. Karena itu pada Senin (18/4) direncanakan rapat koordinasi dengan berbagai pihak agar penyelenggaraan berjalan sukses.

Pelaksanaannya akan dihadiri Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar, Gubernur dan Wagub Kaltim serta Forkopimda Kaltim.

Baca juga: Satgas sebut Kaltim terbebas dari zona merah COVID-19

Rapat koordinasi bertujuan melakukan pertemuan dengan panitia pusat Pra Summit KTT Y20, dalam rangka koordinasi persiapan Balikpapan sebagai tuan rumah penyelenggaraannya.

"Prinsipnya, 21-22 Mei nanti, Kaltim siap melaksanakan Pra Summit. Diharapkan kaum muda juga bisa terlibat dalam kegiatannya, karena bagian dari ajang pertemuan para pemuda untuk Indonesia Maju dan dunia yang damai," jelas Deni.

Baca juga: NTB siapkan suvenir produk lokal untuk delegasi Y20

Pra KTT III yang dilaksanakan 21-22 Mei secara hybrid di Kalimantan Timur dengan topik Sustainable and Liveable Planet atau planet yang berkelanjutan dan layak huni.

Kegiatan dirangkai penanaman bibit pohon mangrove di wilayah Pesisir Balikpapan.

Sementara, Y20 Summit diselenggarakan 17-24 Juli di Jakarta dan Bandung dengan topik From Recovery to Resilience Rebuild the Youth Agenda Beyond COVID-19.

Y20 merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda dari negara G20 sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus

Baca juga: Pemprov NTB siap sambut Pra-KTT Y20 di Lombok

Baca juga: IYD optimistis Sumsel jadi episentrum kebangkitan pemuda milenial



 

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022