Bekasi (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) Hari Pratama menyatakan pihaknya menyiapkan fasilitas istirahat bagi para pemudik yang melintasi jalur tol layang itu.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan mudik yang aman dan sehat, sejalan dengan arahan Pemerintah," kata Hari di Bekasi, Jumat.

Hari menjelaskan fasilitas istirahat khusus atau parking bay di ruas Jalan Layang MBZ ini ditujukan bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat sejenak akibat faktor kelelahan.

Pihaknya menyiapkan dua titik parking bay di masing-masing arah atau secara keseluruhan berjumlah empat titik sedangkan pembukaan tempat istirahat ini sesuai diskresi pihak kepolisian.

Baca juga: Jasa Marga siapkan Tol Jakarta-Cikampek jelang arus mudik

"Perlu dipersiapkan dan akan dibuka sesuai diskresi kepolisan. Selain itu penambahan fasilitas atau layanan yang akan ditambahkan di ruas MBZ adalah dengan mengadakan toilet darurat," katanya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan mudik Lebaran diharapkan mempersiapkan kondisi diri dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Untuk menghindari kepadatan kendaraan diharapkan memilih waktu berpergian di luar waktu puncak arus mudik dan arus balik," katanya.

Jasa Marga mempunyai aplikasi bernama Travoy 3.0, asisten digital perjalanan yang menyediakan informasi seputar jalan tol, dilengkapi dengan fitur emergency yang dibutuhkan oleh pengguna jalan untuk memudahkan mengakses informasi.

Baca juga: Jasa Marga hentikan pekerjaan konstruksi mulai H-10 Lebaran

Jasa Marga juga mengimbau seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata dia.

Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi seputar lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 selain aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.

Baca juga: Jasa Marga akan berlakukan buka tutup "rest area" selama mudik Lebaran

Baca juga: Jasa Marga akan fungsikan Tol Japek II Selatan secara situasional

Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak mudik 29 April dan puncak balik 8 Mei

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022