Paris, (ANTARA News) - Film The Adventures of Tintin yang dibintangi aktor Inggris terkenal tayang di sinema seluruh Inggris pada Rabu (25/10),  pahlawan berjambul yang buku ceritanya terjual sepuluh juta kopi itu telah diberi kehidupan baru. Wawancara eksklusif The Sun dengan legenda dunia perfilman sekaligus produser The Adventures of Tintin, Steven Spielberg, mengungkapkan kecintaan keluarganya pada cerita klasik Tintin dan alasannya memilih penulis naskah serial Inggris Dr Who untuk memindahkan buku karya Herge itu ke layar lebar.

Spielberg (64), ayah dari tujuh anak yang terdiri atas dua laki-laki, dua perempuan, satu anak tiri perempuan dan dua anak angkat, laki-laki dan perempuan itu mengatakan anak-anaknya berpikir dia telah menggenggam keberhasilan.

 “Anak-anak saya adalah penggemar Tintin karena saya pertama kali membawa buku itu ke rumah pada 1981 dan anak pertama saya, Max, lahir pada 1985,” kata Spielberg.

“Mereka dibesarkan dengan cerita-cerita dari buku itu. Kami mendapatkannya di Inggris dimana buku itu diterbitkan dalam bahasa Inggris dan sejak saat itu mereka mencintai Tintin,” katanya.

“Anak-anak adalah penonton pertama film itu dan mereka menyukainya,” lanjut Spielberg.

Film yang beranggaran 85 juta poundsterling itu menggunakan teknologi komputer 3D paling mutakhir yang diproduksi oleh sineas kelahiran Selandia Baru, Sir Peter Jackson (49), otak dari trilogi Lord of The Rings. Namun, Spielberg memilih Steven Moffat (49) asal Inggris, untuk menulis naskahnya.

“Steven menulis naskah Dr Who, salah satu serial TV favorit saya,” ujar Spielberg.

 “Peter dan saya merasa siapapun yang membuat Dr. Who akan memiliki sensibilitas yang bagus untuk ‘menghidupkan’ Tintin, dan itu terjadi pada Steven yang telah membaca Tintin saat berumur 8 tahun,” katanya.

 “Bahkan ketika dia harus meninggalkan proyek Tintin untuk pembuatan Dr Who, saya masih punya dua penulis Inggris yang lain, Edgar Wright penulis Shaun of the Deads dan Joe Cornish penulis Attack the Blocks, untuk merampungkan pekerjaan itu. Mereka berdua penulis Inggris yang hebat,” kata Spielberg.

Film tentang petualangan Tintin itu juga melibatkan aktor-aktor kawakan Inggris di hampir semua karakter yang dimainkan.

Bintang film Billy Elliot, Jamie Bell (25) berperan sebagai reporter pria Belgia Tintin, sedangkan Andy Serkis (47) yang memerankan Gollum dalam trilogi The Lord of The Rings, memerankan karakter sinis dan penggerutu Kapten Haddock.

Spielberg mengaku dirinya ingin memfilmkan Tintin sejak tiga dekade lalu. Dia mengoleksi semua buku yang dikarang oleh seniman Belgia Georges Remi yang memakai nama pena Herge. Buku-buku Tintin telah diterjemahkan ke lebih dari 70 bahasa. (ANT)





 

 


 

 .

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011