Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menerima sebanyak 1.117 mahasiswa baru jenjang pascasarjana pada proses seleksi tahap pertama untuk program magister dan doktor tahun ajaran 2022/2023.

Hasil seleksi penerimaan mahasiswa telah diumumkan pada Kamis (14/4) melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Ir Muh Restu MP di Makassar, Jumat, menjelaskan pada tahap pertama, jumlah pendaftar untuk jenjang magister sebanyak 1.028 orang, dan yang diterima sebanyak 902 orang.

Baca juga: Unhas resmi menjadi lembaga pemeriksa halal

Sementara itu, untuk jenjang doktor tercatat sebanyak 270 pendaftar, dan 215 yang berhasil lolos. Secara akumulatif terdapat 1.117 mahasiswa baru pada penerimaan mahasiswa pascasarjana tahap pertama.

"Seluruh rangkaian tahapan mulai dari proses administrasi hingga seleksi dilaksanakan secara daring. Hal ini juga menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah dan sebaran pendaftar Unhas dengan hadirnya akses kemudahan yang diberikan kepada calon mahasiswa," katanya.

Baca juga: Unhas sosialisasi dana penelitian internasional RISPRO-UKICIS

Para peserta yang telah dinyatakan lulus menjadi mahasiswa baru dapat langsung menyelesaikan persyaratan pendaftaran ulang untuk kelengkapan dokumen.

"Untuk jenjang profesi dan spesialis akan dibuka pada tahap selanjutnya. Sehingga, prosesnya terbilang lama dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang berminat untuk mempersiapkan diri," kata Prof Restu.

Ia menuturkan, setiap tahun jumlah pendaftar mahasiswa pascasarjana Unhas terus mengalami peningkatan. Selain karena proses sosialisasi, juga berbagai capaian yang telah diraih Unhas meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk memperoleh pendidikan di Unhas.

Baca juga: 2.247 calon mahasiswa lolos jalur SNMPTN di Unhas

Prof Restu berpesan agar mahasiswa baru yang dinyatakan lulus bisa segera melakukan pendaftaran ulang agar dapat terverifikasi sebagai mahasiswa resmi Unhas.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022