Jayapura (ANTARA) - Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) mengatakan dua provinsi di Papua Nugini (PNG) saat ini menjalin kerjasama kota kembar dengan Jayapura.
 
Kerjasama yang akan berlangsung selama lima tahun dan kedua provinsi itu menyatakan keinginannya untuk mengirim tim ke Jayapura guna belajar tentang pertanian dan pariwisata di Jayapura.
 
Kedua provinsi yang ingin belajar tentang pertanian dan pariwisata yaitu Provinsi East Sepik dan Wewak, PNG, kata BTM kepada Antara, Jumat di Jayapura.
 
Dijelaskannya, penandatanganan kerja sama kota kembar dengan kedua provinsi di PNG sudah dilaksanakan Jumat lalu (8/4) di Jayapura.

Baca juga: Wali kota kaji rencana kota kembar Medan-Mersin di Turki

Baca juga: Wali Kota Magelang apresiasi pembentukan Kota Kembar Magelang-Tula
 
Kerjasama itu akan berlangsung selama lima tahun dan selain bidang pertanian dan pariwisata juga akan dilaksanakan kegiatan lainnya seperti olahraga antar ketiga kota.
 
"Sebetulnya ini penandatangan kerjasama yang kedua atau pembaharuan karena sebelumnya yakni di tahun 2017 lalu sudah ditangani kerjasama Kota kembar yang berlaku selama lima tahun," ujar BTM.
 
Dia berharap dengan adanya kerjasama kota kembar dengan kedua provinsi di PNG maka hubungan keduanya makin erat.
 
Penandatanganan kerjasama kota kembar itu ditandatangani Walikota Wewak John Nawas dan Wagub Provinsi East Sepik David Kusik.
 
Provinsi East Sepik yang beribu kota Vanimo dapat dijangkau dari Jayapura dengan menggunakan jalan darat sekitar 1 jam perjalanan dari PLBN Skouw, Distrik Muara Tami, sedangkan Wewak harus menggunakan pesawat dari Vanimo.*
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022