Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pemondokan haji Indonesia di Mekkah dan melakukan pertemuan dengan para jamaah calon haji.

Anggota Komisi VIII Syofwatillah Mohzaib dari Mekkah, Senin malam, kepada pers dalam Grup DPR1 mengatakan, ispeksi mendadak (sidak) itu sebagai bagian dari tugas pengawasan DPR RI dan dilakukan di sela-sela melakukan aktivitas dalam rangka menunaikan ibadah haji.

Syofwatillah Mohzaib yang juga anggota tim pengawasan haji Komisi VIII DPR kemudian menyampaikan beberapa foto saat Marzuki Alie melakukan sidak dan berdialog dengan jamaah calon haji Indonesia.

Menurut dia, setelah melakukan sidak itu Marzuki Alie memunculkan gagasan atau wacana memisahkan urusan haji dari Kementerian Agama.

Menurut Marzuki, pengelolaan haji sebaiknya dilakukan oleh badan yang bertanggung jawab langsung kepada presiden sehingga tidak lagi di bawah kementerian agar dalam pelaksanaannya bisa lebih baik.

"Lebih baik kemungkinan ke depan pengelolaan haji akan diserahkan ke badan dan tentunya harus memiliki undang-undangnya," kata Marzuki.

Menurut dia, negara lain seperti Malaysia saat ini sudah memiliki badan yang khusus mengurus haji dan hal itu juga dimiliki beberapa negara lain.

Dia berharap dengan badan yang khusus diharapkan dalam mengurus haji bisa lebih profesional yang pada akhirnya bisa memberikan layanan lebih baik kepada jamaah.
(S023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011