Lokasi sanggar ini sangat berharga sekali di Jakarta
Jakarta (ANTARA) - DPD Golkar DKI Jakarta meyakini kehadiran lembaga pendidikan non formal seperti sanggar seni di lingkungan tempat tinggal di Ibu Kota, dapat menangkal berbagai dampak dari kenakalan remaja.

"Kami sangat mendukung adanya sanggar seni, apalagi tidak hanya silat, ada juga marawis dan pengajian untuk anak-anak di sini, semua kegiatan yang dilakukan positif," kata Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri peresmian Sanggar Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia di Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat.

Ia menyatakan keberadaan sanggar seperti seni silat perlu didukung guna meminimalisir berbagai bentuk kenakalan remaja karena dapat menjadikan anak bertanggungjawab sekaligus wadah bagi generasi muda untuk mempelajari banyak hal yang positif.

Melalui sanggar silat, kata Zaki, para generasi muda juga diajari mengetahui dan mencintai kekayaan warisan seni dan budaya, sehingga mereka juga dapat ikut melestarikan warisan tersebut.

Sekaligus mengisi waktu dengan hal-hal yang positif, sehingga terhindar dari pengaruh kenakalan remaja seperti pergaulan bebas, tawuran, bahkan narkoba yang akan merugikan diri mereka sendiri.

Baca juga: Polisi tangkap 11 pelajar yang aniaya remaja hingga tewas

"Kegiatan ini berdampak positif serta dapat menekan angka kenakalan remaja, seperti keluyuran main sarung yang dikasih batu, lalu ujungnya tawuran. Nah, di sini anak kumpul ikut kegiatan positif, menjaga generasi muda di Jakarta sehingga bisa menjadi generasi penerus," ucapnya.

Lebih lanjut, Zaki menyampaikan lahirnya sanggar silat yang diinisiasi oleh masyarakat diharapkan dapat menciptakan aura positif bagi perkembangan generasi muda dan pembangunan di DKI Jakarta.

"Lokasi sanggar ini sangat berharga sekali di Jakarta dan semoga bisa diikuti oleh daerah lainnya," ujar dia yang juga mengharapkan anak-anak didikan sanggar tersebut kelak menjadi orang sukses seperti yang dicita-citakan.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Sanggar H M Muchtar menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar, yang diharapkan dapat membawa kebaikan bagi warga.

"Awalnya ini adalah kebun tak terurus dan banyak sampahnya. Kemudian atas dukungan masyarakat dijadikan sanggar. Di sini ada pengajian, pencak silat, marawis, qasidah, qiraah, semua kita ajarkan dengan gratis," katanya.

Baca juga: Sanggar seni Betawi untuk lestarikan budaya Betawi

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Sekretaris DPD Partai Golkar DKI Jakarta sekaligus Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco, Ketua Harian Golkar DKI Jakarta Yudistira Hermawan dan Ketua Bidang Keagamaan, Pendidikan, dan Kerohanian Asraf Ali.

Selain peresmian Sanggar tersebut sekaligus dengan kegiatan Safari Ramadhan Berkah, Golkar juga berbagi melalui santunan anak yatim dan duafa untuk 100 orang.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022