Jakarta (ANTARA) - Cybers Academy baru saja menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Selasa (12/4) guna mendukung akselerasi transformasi digital hingga ke pedesaan.

Dikutip dari keterangan pers, Sabtu, MOU yang ditandatangani oleh Direktur Cybers Academy Victor Terinathe dan Ketua Umum APJII Muhammad Arif dimaksudkan sebagai pedoman bagi para pihak dalam rangka menjalin kerja sama untuk menyiapkan pelatihan sumber daya manusia dalam bidang digital dan internet.

Baca juga: EDGE DC jalin kerja sama data center dengan APJII

Keduanya akan menyediakan pelatihan berbasis online guna menyiapkan SDM internet dan digital di tingkat desa.

"Langkah selanjutnya setelah pendatanganan MOU adalah akan mengadakan webinar dengan tema potensi peluang kerja teknisi jaringan internet ke SMK/SMA maupun pemuda-pemudi desa hingga kalangan kampus," kata Victor.

Melalui kerja sama ini, Cybers Academy akan menyediakan learning management system, sedangkan APJII akan menyediakan materi melalui APJII Academy yang dapat digunakan oleh anggota Cybers Academy maupun oleh member APJII yang berjumlah 700 pengusaha Internet Service Provider di seluruh Indonesia.

Selain itu, kedua pihak akan membuat program bersama untuk sosialisasi dan promosi program infrastruktur digital, terutama dalam penyediaan SDM digital dan internet hingga ke pedesaan.

Kerja sama ini akan membantu memenuhi kebutuhan tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan APJII dan menyalurkan SMK/SMA, pemuda-pemudi, dan mahasiswa, untuk siap kerja dalam mendukung infrastruktur digital yang sedang dikebut pemerintah pada 2024 dengan target seluruh desa terkoneksi broadband.

Baca juga: Tokoh APJII DKI bertekad terjemahkan ekosistem digital

Kerja sama ini akan semakin memperluas upaya Cybers Academy untuk memberdayakan lulusan SMK/SMA, pemuda-pemudi desa, hingga mahasiwa, agar mampu bersaing di dunia usaha kerja. Selain itu, di sisi lain, SDM yang dihasilkan akan menyediakan kebutuhan tenaga kerja bagi anggota APJII.

Cybers Academy menyediakan platform e-learning dengan metode pembelajaran aplikatif yang dibawakan oleh pendidik berkualitas dan akan menghadirkan CEO kelas nasional dari anggota APJII.

Cybers Academy menyediakan 74 pelatihan dengan materi yang unik dan durasi yang pendek, tetapi mudah diaplikasikan. Selain itu, pelatihan-pelatihan yang ditawarkan Cybers Academy ini bukan sekadar pelatihan biasa.

Pelatihan Cybers Academy tidak ada di pendidikan formal, namun sangat berguna bagi dunia kerja, sebut saja pelatihan tentang teknologi Blockchain atau investasi aset Crypto dan NFT, hingga barista dan bisnis kopi kekinian, selain teknisi jaringan internet dan teknisi digital yang benar-benar dibutuhkan industri APJII dan industri digital lainnya.

Adapun Cybers Academy sudah bekerja sama dengan Cybers Global Indonesia dalam menyiapkan digital hub center Bernama Warkop Digital yang akan dibangun hingga tingkat kecamatan dan sudah hadir di Bengkulu.


Baca juga: Belasan inisiatif digital Indonesia masuk nominasi WSIS Prizes 2022

Baca juga: APJII: Kebutuhan internet Indonesia terus meningkat

Baca juga: APJII DKI dorong konektivitas internet seluruh wilayah Jakarta

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022