Pangkalpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tiga dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu nihil kasus harian COVID-19, karena kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan semakin membaik.

"Hari ini Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur nihil penambahan kasus COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan berdasarkan data kasus COVID-19 harian terbaru, kasus COVID-19 bertambah empat, tersebar di Kota Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat dan Belitung, masing-masing terdapat satu kasus.

"Alhamdulillah, kasus COVID-19 semakin melandai dan penularan virus corona ini terus ditekan melalui pengawasan protokol kesehatan dan memaksimalkan vaksinasi massal," ujarnya.

Ia mengatakan dengan tambahan empat kasus COVID-19 ini, maka pasien aktif wajib menjalani isolasi menjadi 104 orang, tersebar di Pangkalpinang 27, Bangka 22, Belitung 18, Bangka Tengah 23, Bangka Barat 10, Belitung Timur tiga dan Bangka Selatan satu pasien.

"Saat ini 20 dari 104 pasien COVID-19 aktif ini dirawat di rumah sakit rujukan, karena memiliki penyakit bawaan," katanya.

Sementara itu, 84 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri dan pasien menjalani karantina di isolasi terpusat tidak ada, sehingga 80 isolasi terpusat berkapasitas 943 tempat tidur nihil pasien.

"Pengawasan pasien isolasi mandiri tetap dilakukan dengan ketat agar mereka tidak beraktivitas di luar rumah yang akan memicu peningkatan kasus menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022