Bandung (ANTARA) -
Puluhan perempuan yang menamakan kelompoknya Srikandi Ganjar Jawa Barat mendeklarasikan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo agar bisa maju dan menjadi presiden pada Pemilu 2024.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jawa Barat, Evi Yuliani, di Bandung, Sabtu, mengatakan, mereka mendukung Ganjar karena sosok tersebut dinilai memiliki kedekatan dengan perempuan selain program pemberdayaan perempuan juga tak luput dalam agenda pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Relawan di Jakarta dukung Ridwan Kamil sebagai calon presiden
 
"Sosok Ganjar ini mempunyai kedekatan dengan perempuan, salah satunya mempunyai program juga mengenai pemberdayaan perempuan," kata dia dalam keterangannya.

Laki-laki yang mereka dukung saat ini menjadi gubernur Jawa Tengah namun tidak memiliki "kendaraan politik" sendiri alias bukan pemimpin partai politik. 
 
Menurut dia, seorang pemimpin tidak boleh menyampingkan perempuan di Indonesia. Maka ia pun berharap, jika Ganjar menjadi presiden nanti maka lingkungan Indonesia bisa semakin ramah bagi perempuan.
 
"Memimpin Indonesia lebih baik dan tentunya lebih maju, dan lebih peduli dengan posisi perempuan di ranah politik dan juga di ranah pendidikan," kata dia.

Baca juga: Pemuda Tangerang deklarasi dukung Airlangga jadi calon presiden 2024
 
Ia menyebut dukungan itu dilakukan untuk menciptakan kepemimpinan Indonesia yang lebih baik. Ia pun mengajak perempuan milenial di Jawa Barat mewujudkannya dengan mendukung Ganjar. "Untuk merubah kepemimpinan yang lebih baik tentunya, salah satunya di Jawa Barat itu mempunyai milenial yang lebih banyak sebesar 60 persen dari total DPT (daftar pemilih tetap)," kata dia.
 
Sementara itu, perwakilan dari mahasiswa untuk Srikandi Ganjar Jawa Barat, Siska Kurnia Dewi, berharap agar Ganjar bisa membawa aspirasi mahasiswa untuk urusan peningkatan ranah pendidikan di Indonesia. "Semoga ketika Bapak Ganjar menjadi presiden, pendidikan di Indonesia semakin baik khususnya untuk perempuan," kata dia.

Baca juga: GARIS: Ganjar lebih berpeluang menang pemilihan presiden

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022