Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa bersilaturahim dengan mengunjungi kediaman Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar di Pesantren Miftachussunah, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/4) malam.

“Silaturahim saja, untuk berbagi pandangan, pendapat, dan saya kira bergurulah. Ingin tahu pandangan beliau untuk menegakkan syariat ke depan. Kemudian, soal Indonesia ke depan, pemimpin yang bagus ke depan itu seperti apa, jadi menyambung silaturahim," kata Suharso dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut, Suharso Monoarfa mendapat hadiah buku karangan KH Miftachul Akhyar “Al-Inhadl”. Ketua Umum PPP bersama rombongan dijamu makan malam oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dengan menu makanan Timur Tengah.

Baca juga: Ketum PPP bersilaturahim ke Rais Aam PBNU bahas keumatan bangsa

Usai menggelar pertemuan, Suharso mengatakan bahwa pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meminta nasihat dan doa dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, terlebih pada momen Ramadhan.

Dalam pertemuan tersebut, KH Miftachul Akhyar berbicara mengenai NU, MUI, hingga sejarah pondok pesantren yang didirikannya, yaitu Pesantren Miftachussunnah.

“Saya mendapat amanat menjadi Rais Aam PBNU, memegang prinsip sami’na wa atho’na,” ucap KH Miftachul Akhyar, 

Baca juga: PPP DKI rekomendasikan DPP PPP dukung Anies-Khofifah pada Pilpres 2024
Baca juga: PPP DKI usung Anies karena mampu pimpin daerah dan redam polarisasi


Sementara Rais Aam PBNU ini mengatakan bahwa PPP memiliki tugas untuk merawat umat Islam, salah satunya NU. Dia menepis jika pertemuan tersebut membahas persoalan politik praktis.

"Kami bicara soal kepemimpinan, keumatan, di mana kami bisa menaikkan kualitas. Tidak ada bicara politik, hanya bicara pemimpin, umat, dan bagaimana umat semakin cerdas," katanya.

Kunjungan Ketua Umum PPP ke tokoh NU ini melengkapi momen sebelumnya dengan kehadiran Ketua Umum PBNU KH Yahya C. Staquf bersama Sekretaris Jenderal PBNU Gus Saifullah Yusuf beserta sejumlah pengurus PBNU yang hadir dalam Peringatan Harlah Ke-49 PPP yang digelar di Pesantren Al-Hikam, Malang, Jawa Timur, Minggu (27/3).

Sebelumnya, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bersama Sekjen PPP Arwani Thomafi jmengunjungi Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir di Kantor PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Sabtu (9/4).

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022