Palembang (ANTARA News) - Para pekerja di sejumlah venues untuk SEA Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan, hingga Senin malam, masih terus bekerja menuntaskan pengerjaan sarana pendukung arena pertandingan itu, kurang dari dua pekan menjelang pembukaannya.

Para pekerja yang masih menjalankan tugas lembur itu, antara lain terlihat di beberapa venues kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, termasuk di Wisma Atlet dan gedung Bank Sumselbabel yang akan menjadi media center SEA Games ke-26 di Palembang.

Beberapa pekerja di Wisma Atlet Jakabaring mengaku masih harus menyelesaikan tugas penyelesaian pengerjaan kelengkapan gedung tersebut beserta sarana pendukungnya.

Salah satu pekerja tengah membuat jalur pipa di bawah tanah pada bagian dalam pintu masuk wisma atlet.

Menurut pekerja itu, setelah dibongkar, bekas pipa itu akan ditimpa kembali dengan semen cor agar rapih kembali.

Sejumlah pekerja lain nampak membereskan tenda-tenda yang dipasang di samping wisma atlet, merapikan gedung serba guna wisma atlet dan perlengkapannya.

Diperoleh informasi, mulai 4-5 November 2011, akan ada atlet SEAG yang secara resmi menginap di wisma atlet itu.

Saat ini, atlet yang datang dari Indonesia, masih diinapkan di hotel atau tempat lain, baru saat wisma atlet dibuka resmi mereka akan berpindah tinggal di wisma ini.

Para pekerja dengan dukungan alat berat, juga masih menyelesaikan pengerasan dan pengaspalan jalan di antara beberapa venues yang nampak becek dan dikotori tanah bekas pengerjaan di komplek olahraga tersebut.

Seluruh arena pertandingan (venues) yang akan digunakan pada SEA Games XXVI di Palembang, 11-22 November mendatang sudah siap pakai semuanya pada 2 November 2011.

Menurut Ketua Indonesia SEA Games XXVI Organizing Committee (InaSOC) Sumsel, H Muddai Madang, saat ini tinggal dua venues lagi yang masih belum dilakukan tes event, yakni menembak dan panjat tebing.

Dia juga menjelaskan, perkembangan pembangunan venues SEAG itu seluruhnya sudah selesai, hanya fasilitas panjat tebing dan menembak yang belum rampung.

Tetapi pada 2 November ini diyakini seluruh venues itu selesai, mengingat pada 3 November akan ada tes event untuk cabang olahraga tersebut, kata dia.

Ia mengatakan, tes event itu untuk uji coba dan skalanya bisa nasional bahkan internasional yang penting ada panitia pelaksananya di sana.

Ia menuturkan, mulai 2 November ini sejumlah atlet peserta SEAG sudah mulai berdatangan ke Palembang.

Tim atlet paling awal akan datang adalah cabang menembak, kemudian 3 November atlet voli pantai dan 6 November voli indoor.

Pada 7 November 2011, atlet dari Thailand akan tiba di Palembang, langsung menempati wisma atlet di kawasan Jakabaring.

Sejumlah venues yang dibangun di Kawasan Jakabaring Palembang antara lain venue menembak, akuatik, petangue, panjat tebing, stadion atletik, ski air, dan voli pantai.

Pada SEAG XXVI Indonesia, Kota Palembang (Sumsel) dan DKI Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara pertandingan cabang olahraga.

Kota Palembang selain sebagai tempat pertandingan 21 cabang olahraga, juga menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan SEAG, 11-22 November mendatang. (B014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011