Jakarta (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Himsataki) dan Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (Aspataki) memberikan apresiasi kinerja Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani.

"Bapak Benny Rhamdani mampu dengan cepat melakukan perubahan mendasar yang sangat cepat. Transformasi kelembagaan berjalan, tata kelola penempatan dan pelindungan PMI semakin baik dan program-program yang berpihak kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) semakin terasa nyata," ujar Tegap Harjadmo dalam keterangannya, Minggu.

Tegap Harjadmo  menegaskan  Benny telah melakukan perubahan besar yang sangat dahsyat di BP2MI.

Selama dua tahun memimpin, Benny dinilai mampu menorehkan berbagai prestasi bagi lembaga yang secara langsung dirasakan oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Seperti kebijakan pengadaan fasilitas Lounge dan Fasttrack di Bandara bagi PMI adalah bukti negara melalui BP2MI memberikan perlakuan hormat kepada PMI sebagai pahlawan devisa. Juga di masa kepemimpinan Benny saat ini para sindikat penempatan ilegal perdagangan manusia dan para rentenir yang memeras PMI, disikat tanpa pandang bulu.

Diketahui bahwa banyaknya program kerja yang menjawab kebutuhan bagi setiap PMI, menunjukan kepemimpinan Benny yang bekerja dengan hati nurani.

Misalnya kepada setiap calon PMI, sekarang diberikan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat menjadi solusi menyelamatkan PMI dari jerat rentenir, juga calon PMI sekarang tidak perlu lagi menjual harta milik keluarga jika butuh modal bekerja.

Oleh karenanya tepat dua tahun menjabat sebagai kepala BP2MI, Benny juga mendapat apresiasi dari Ketua Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (Aspataki) Saiful Masud.

Menurut dia, selama 2 tahun ini tentu telah banyak yang dikerjakan oleh Benny.


"Sebagai mitra strategis pemerintah, Aspataki senantiasa akan selalu bersama BP2MI dan jajaran khususnya dalam hal penempatan pekerja migran Indonesia. Oleh karenanya izinkan kami baik sebagai pribadi maupun sebagai Ketua Aspataki menyampaikan selamat kepada Bapak Benny Rhamdani selama kepemimpinannya sebagai Kepala BP2MI," ujarnya.

Menurutnya, meski BP2MI adalah badan negara yang sangat kecil anggarannya. Tapi ditangan Benny Rhamdani, banyak terobosan program yang luar biasa dirasakan oleh para PMI dan calon PMI.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022