Bumi Anoa dinilai mampu melaksanakan kegiatan nasional, terlebih dengan merujuk pada momen-momen nasional yang sebelumnya juga sukses terlaksana di Provinsi Sultra.
Kendari (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan kepercayaan penuh menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Tilawatil Quran Nasional (PTQN) ke-53 RRI Tahun 2023.

Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Asrun Lio PhD di Kendari, Minggu mengatakan penunjukan tersebut sebagai salah satu indikator bahwa Bumi Anoa dinilai mampu melaksanakan kegiatan nasional, terlebih dengan merujuk pada momen-momen nasional yang sebelumnya juga sukses terlaksana di Provinsi Sultra.

"Insya Allah Provinsi Sultra siap menjadi tuan rumah pelaksanaan PTQ ke-53 RRI Tahun 2023. Kesiapan ini juga telah diungkapkan Bapak Gubernur, H Ali Mazi SH melalui surat resmi kepada Direktur Utama LPP RI di Jakarta guna merespon dengan segera penunjukan tersebut," ucap Asrun yang juga Kadis Dikbud Sultra.

Berdasarkan Keputusan Direksi LPP RRI sesuai Surat Direktur Utama LPP RI Nomor : 605/DU/04/2022 April 2022, perihal penunjukan penyelenggaraan PTQ ke-53 Tahun 2023 Pemprov Sultra menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah dan bersedia membantu serta memfasilitasi LPP RRI Kendari sebagai pelaksana di daerah.
Dari kiri ke kanan Plh Sekda Sultra Asrun Lio,Ph.D Wakil Menteri Agama
RI, Dr H Zainut Tauhid Sa'adi MSi,
dan Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar.Foto ANTARA/HO-Ist)

"Diketahui bersama bahwa PTQ RRI ini merupakan kegiatan perlombaan Tilawatil Quran nasional yang paling tua dari Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ-red). Untuk itu, telah selayaknya kita dukung bersama dan tetap menjadi agenda rutin yang terus bergulir untuk dilaksanakan karena selain sebagai syiar islam juga alat pemersatu bangsa, mengingat seluruh daerah di Indonesia bertemu dalam ajang ini," tutur lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini mengungkapkan, dalam kegiatan PTQ yang terlaksana di Bumi Gayo Aceh Tengah, terdapat sekitar 3000 lebih peserta yang hadir. Jumlah ini rupanya terus mengalami peningkatan, belum lagi para tamu undangan lainnya sehingga dipastikan kurang lebih memberikan banyak dampak positif bagi daerah, utamanya dalam memperkenalkan wilayah Provinsi Sultra.

"Momen nasional ini sebagai salah satu upaya bersama dalam mengimplementasikan nilai-nilai ajaran islam dengan menyebarkan kebaikan kepada sesama. Lebih dari 3000 peserta dari cabang Tilawah, Tausyiah, dan Tahfiz Quran, rata-rata diikuti oleh kaum muda sehingga hal ini sangat efektif untuk meningkatkan minat kaum muda yang beragama Islam dalam menghafal serta memahami kandungan dari kitab suci Al-quran itu sendiri," tutur Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Plh Sekda Pemprov Sultra ini menambahkan, dalam pelaksanaan PTQ di Sultra nantinya akan digelar juga pameran termasuk kegiatan lainnya yang melibatkan masyarakat bersama para pihak terkait sehingga secara bersama-sama bisa mengambil peran dan bagian dalam mempromosikan Provinsi Sultra, yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk UMKM.

Dalam penujukan sebagai tuan rumah tersebut, Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH turut memberikan sambutan yang disampaikan oleh Plh Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD, serta memberikan cendera mata berupa buku yang berjudul "Sultra Dalam Pikiran Ali Mazi" kepada Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar.
Baca juga: Pekan Tilawatil Quran di Aceh diikuti 3.164 peserta se Indonesia
Baca juga: WaKil Presiden buka Pekan Tilawatil Quran RRI di Takengon Aceh
Baca juga: 271 peserta ikuti final PTQ nasional RRI di Palembang

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022