Tapi tahun ini, memang sedikit telat perencanaannya
Tanjungpinang (ANTARA) - Musisi asal Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau Rozy Syahputra berkolaborasi dengan keponakannya Zhia mengeluarkan single baru berjudul "Ramadhan Lagi" melalui channel YouTube-nya.

Memang menjadi sebuah tradisi tahunan pagi pria yang akrab disapa Oji itu menerbitkan lagu religi, terutama pada momen bulan suci Ramadhan.

"Ini merupakan tahun ketiga saya menghasilkan lagu bertemakan Ramadhan," kata Oji di Tanjungpinang, Minggu.

Oji menyampaikan proses pembuatan lagu sampai syuting video klip "Ramadhan Lagi" memakan waktu sekitar seminggu lebih.

Baca juga: Daramaula rilis "Malas", ajak pendengar istirahat dan manjakan diri

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, ia mengakui jika tahun ini proses pembuatan lagunya agak terlambat karena baru dimulai sejak puasa pertama.

"Kalau biasanya, sebelum Ramadhan lagunya sudah keluar. Tapi tahun ini, memang sedikit telat perencanaannya," ujar Oji.

Ia menyebut proses awal hingga lagu itu keluar melibatkan rekan-rekan personel Umbara, yakni band additional yang selalu mendampinginya saat ia tampil bernyanyi.

Selain itu, dukungan dari warga Kampung Bugis juga sangat tinggi. Ini terbukti mereka secara suka rela datang membawa anak-anaknya menjadi model di video klip lagu tersebut.

"Mereka yang terlibat proses pembuatan lagu hingga syuting video klip, umumnya warga Kampung Bugis," ujar Oji.

Oji menjelaskan lagu "Ramadhan Lagi" bercerita tentang pengalaman masa kecilnya saat menjalani Ramadhan, mulai dari tarawih bersama teman-teman, bermain petasan/kembang ali, serta melatih puasa setengah hari hingga sehari penuh.

Baca juga: Dinda Ghania rilis single keempat "Teman Rasa Pacar"

Dibalik lagu itu, Oji ingin mengajak para pendengar bernostalgia dengan suasana Ramadhan masa kecil. "Bagi saya sendiri, Ramadhan masa kecil sampai sekarang selalu terngiang-ngiang di ingatan."

Lagu "Ramadhan Lagi" memiliki keunikan tersendiri sebab video klipnya menonjolkan nuansa khas Melayu di Provinsi Kepri, misalnya syuting dengan mengambil latar rumah panggung, kemudian memakai baju kurung Melayu.

"Kata dan nada untuk lagu ini juga enak di dengar," ujar dia.

Penyanyi yang pernah mewakili Provinsi Kepri di ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) di salah satu televisi swasta nasional itu pun berharap karyanya tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

Dia mendorong setiap tahun musisi-musisi di daerahnya itu dapat berkarya menghasilkan lagu religi Ramadhan.

"Bagi kami seniman, berkarya juga bagian dari amal ibadah. Jangan terlalu berharap materi, kalau ada berarti itu bonus. Menjadi suatu kepuasan tersendiri, jika karya kita berhasil dan diterima masyarakat banyak," sebut Oji.

Lagu "Ramadhan Lagi" resmi diluncurkan di saluran YouTube Rozy Syahputra Jumat 15 April 2022, juga dipromosikan ke stasiun Radio dan Televisi setempat.

Bahkan sebentar lagi lagu itu sudah bisa didengar di berbagai platform digital musik seperti Spotify, Joox, dan iTunes.

"Untuk platform digital, sedang dalam proses pendaftaran. Insya Allah, pekan depan sudah dapat diakses," demikian Oji.

Baca juga: Komunitas musisi Jalan Sabang hibur aparat dengan lagu daerah

Baca juga: Musisi Minang Nedi Gampo tutup usia

Baca juga: Konser internasional di daerah jadi sarana promosi wisata

Pewarta: Ogen
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022