Jakarta (ANTARA) - Andy Delort mencetak dua gol termasuk gol penentu kemenangan pada menit ke-88 ketika OGC Nice membabat FC Lorient 2-1 dalam pertandingan Liga Prancis di Allianz Riviera, Nice, Minggu malam. Hasil ini juga menguatkan asa lolos kualifikasi Liga Champions musim depan.

Nice masuk arena dengan catatan tidak terlalu meyakinkan setelah tak pernah menang dalam empat pertandingan terakhir sehingga melorot dari peringkat kedua klasemen, sedangkan Lorient berusaha keras bertahan di liga elite Prancis.

Tim Christophe Galtier mendominasi babak pertama namun hanya menghasilkan sedikit peluang bersih, termasuk tendangan Delort yang melebar dari gawang menjelang turun minum.

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-54 ketika Delort mencetak gol dari titik penalti setelah Khephren Thuram dijatuhkan oleh bek Lorient Moritz Jenz.

Lorient menyamakan kedudukan tepat setelah tanda satu jam ketika Armand Lauriente meneruskan umpan Calvin Stengs dari kiri lapangan dengan melepaskan tembakan rendah yang bergulir di antara kedua kaki kiper Walter Benítez.

Nice kemudian membuat gol dari kaki Terem Moffi namun gol ini dianulir karena offside.

Ketika tuan rumah sepertinya bakal harus puas dengan satu poin, pada menit ke-88 gol kemenangan Nice tercipta setelah umpan silang matang dari Kasper Dolberg disundul oleh Delort di tiang jauh untuk membawa Nice menang dan haya dua poin dari peringkat ketiga.

Baca juga: Nice telan kekalahan pahit 3-0 di kandang Lens

Dalam pertandingan lain di Stadion Groupama, tuan rumah Lyon menyalip Lille dan Nantes ke urutan delapan setelah menggasak peringkat kedua terbawah Bordeaux dengan 6-1.

Moussa Dembele dan Karl Toko Ekambi masing-masing mencetak dua gol, sedangkan dua gol lainnya disarangkan oleh Lucas Paqueta dan Romain Faivre. Bordeaux hanya membuat satu gol dari titik penalti pada menit ke-85 dari Sekou Mara.

Di Stade de l'Aube, Strasbourg, gagal menaiki posisi keempat setelah ditahan seri 1-1 oleh tuan rumah Troyes. Tim tamu unggul lebih dulu pada menit ke-56 dari gol kreasi Habib Diallo yang baru disamakan Florien Tardieu pada menit ke-85. Kedua gol tercipta dari titik penalti.

Mets dan Clermont Foot juga berakhir seri 1-1 dalam pertandingan antara dua tim terbawah di kandang Metz di Stade Saint-Symphorien.

Metz unggul lebih dulu pada menit ke-24 dari gol Nicolas de Preville yang disamakan Jodel Dossou pada menit 37. Metz terpaksa bermain dengan sepuluh orang setelah Ibrahima Niane dihukum kartu merah pada menit ke-40.

Seri 1-1 juga dicatat oleh tuan rumah Nantes dan Angers yang bermain di La Beaujoire-Louis-Fonteneau. Angers lebih dulu mencetak gol pada menit ke-18 dari Sofiane Boufal yang baru disamakan Kalifa Coulibaly pada menit ke-53.

Sedangkan laga lainnya di Stade de la Mosson, tuan rumah Montpellier hanya bisa 0-0 melawan Stade de Reims.

Nantes, Montpellier, Reims dan Angers di papan tengah dengan masing-masing menduduki urutan 9, 11, 13 dan 14, demikian laporan laman Liga Prancis dan data pertandingan laman ESPN.

Baca juga: Mbappe, Neymar cetak hattrick saat PSG gulung Clermont 6-1

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022