Jakarta (ANTARA) - YouTube akhirnya menghadirkan YouTube Shorts di perangkat yang memiliki layar lebih lebar yaitu iPad dan tablet Android.

Tentunya ini menggembirakan karena selama ini bentuk konten YouTube Shorts difokuskan untuk para pengguna ponsel pintar yang memiliki layar lebih kecil.

Mengutip Phone Arena, Senin, YouTube Shorts nantinya akan tersedia di bentuk perangkat tablet sehingga pengguna tablet bisa juga menyaksikan konten- konten Shorts.

Baca juga: YouTube akhirnya rilis fitur "picture-in-picture" di iOS

Belum diketahui akankah Shorts untuk Tablet Android atau iPad akan dirilis bersamaan atau tidak namun yang jelas keduanya akan dihadirkan dalam beberapa pekan ke depan.

YouTube Shorts menjadi kompetitor bagi Snapchat, Instagram Reels, dan juga TikTok dalam hal berbagi video- video pendek.

Format konten video pendek dalam beberapa tahun terakhir naik daun dan mendapatkan sambutan hangat dari para pengguna internet.

Selain durasi singkat yang disukai oleh pengguna layanan, bagi pembuat konten tentunya video pendek bisa membantu untuk meringkas waktu dalam memproduksi video.

YouTube Shorts yang baru dikenalkan di 2020, dalam dua tahun beroperasi tercatat telah mengumpulkan lima triliun penayangan per Januari 2022.

Hal itu menunjukkan animo masyarakat menyambut konten- konten berdurasi pendek sangatlah baik.

Setelah fitur YouTube Shorts ditayangkan, pengguna tablet akan melihat "tab" Shorts di dalam aplikasi YouTube. Detil lebih lanjut tentang cara membuat Short menggunakan lagu dari perpustakaan YouTube tersedia di halaman dukungan.

Jika layanan ini terealisasi untuk dirilis, maka nantinya YouTube Shorts akan tersedia di ponsel pintar, laptop dengan sistem operasi Android, dan juga Tablet dengan sistem operasi iOS dan Android.

Baca juga: YouTube uji sistem moderasi ketat untuk lawan komentar "spam"

Baca juga: YouTube kembali berfungsi setelah sempat sulit diakses

Baca juga: YouTube blokir kanal parlemen Rusia

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022