Jakarta (ANTARA) - Tim U-20 Indonesia All Star ingin mengakhiri kiprah mereka di International Youth Championship (IYC) 2021 dengan kemenangan atas U-18 Bali United pada laga perebutan tempat ketiga pada Selasa (19/4) di Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta.

“Kami tidak akan menganggap remeh Bali United. Kami akan bermain sesuai dengan rencana kami,” ujar pelatih U-20 Indonesia All Star Ilham Romadhona dalam konferensi pers di JIS, Jakarta, Minggu (17/4) malam.

Ilham menegaskan bahwa dirinya tidak mau situasi seperti ketika mereka kalah 1-2 dari U-18 Atletico Madrid, Minggu (17/4) malam, terulang.

Baca juga: Atletico Madrid ke final IYC 2021 usai tundukkan Indonesia All Star

Dalam laga itu, juru taktik yang sempat menjadi pelatih pendamping di tim Garuda Select tersebut melanjutkan, para pemainnya beberapa kali lengah yang akhirnya dimanfaatkan Atletico Madrid untuk mencetak gol.

Akan tetapi, meski mengincar hasil penutup positif, Ilham menekankan bahwa yang paling penting dari IYC 2021 adalah pelajaran yang diambil dari tim-tim Eropa seperti Barcelona dan Atletico Madrid.

“Ada perbedaan antara sepak bola Indonesia dan Eropa. Tim seperti Barcelona dan Atletico Madrid sangat menekankan aspek fundamental, baik itu soal individu dan taktik. Mereka pun sangat serius dalam menyiapkan tim,” tutur Ilham.

Baca juga: Pelatih: Atletico Madrid susah payah taklukkan Indonesia All Star

Gelandang U-20 Indonesia All Star Andre Oktaviansyah mengakui bahwa dia dan teman-temannya beberapa kali lengah ketika melawan Atletico Madrid.

“Setelah mencetak gol lebih dahulu, kami sedikit lengah. Skor menjadi 1-1 dan kami pun kecolongan lagi. Namun, saya bangga dengan para pemain, pelatih karena kami sudah berjuang,” kata Andre.

Skuad U-20 Indonesia All Star gagal melaju ke final IYC 2021 setelah dikandaskan U-18 Atletico Madrid dengan skor 1-2 pada laga penyisihan terakhir di JIS, Minggu (17/4) malam.

Pada laga tersebut, Indonesia All Star sejatinya unggul terlebih dahulu melalui sundulan Muhammad Fajar Fatur Rahman. Atletico membalikkan kedudukan via Ninte Carungal dan Ivan Nunez.

Skuad U-20 Indonesia All Star pun akan menghadapi U-18 Bali United pada pertandingan perebutan tempat ketiga, Selasa (19/4) di JIS.

Sementara tim U-18 Atletico Madrid lolos ke final IYC 2021 dan akan melawan U-18 Barcelona, juga pada Selasa (19/4).

Baca juga: Bali United jadikan IYC 2021 bekal tuju musim baru EPA Liga 1
 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022