Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) akhirnya mengeluarkan susunan resmi atlet yang akan membela Merah Putih di ajang Piala Thomas dan Uber pada 8-15 Mei di Bangkok, Thailand.

Masing-masing tim terdiri dari 24 pebulu tangkis putra dan putri, dengan rincian lima pemain tunggal dan tujuh pemain. Namun menurut PBSI terdapat perubahan jika dibandingkan susunan pebulu tangkis dari tahun lalu.

"Untuk tim Thomas memang ada sedikit perubahan dibandingkan tahun lalu. Leo/Daniel dan Chico akan difokuskan ke SEA Games dan Marcus masih dalam tahap pemulihan pasca operasi. Jadi kami ganti dengan Bagas/Fikri dan Syabda. Kami juga masukkan Tegar untuk pengalaman dia ke depan," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky lewat keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Baca juga: PBSI bagi atlet dalam dua tim jelang SEA Games dan Thomas-Uber

Meski ada perubahan, namun Rionny menjamin kualitas tim Thomas akan sepadan seperti tahun lalu dan tetap membawa target untuk mempertahankan gelar juara.

Sementara di tim Uber, PBSI hanya mempertahankan Nita Violina Marwah dan Jesita Putri Miantoro sebagai bekas anggota tim tahun lalu. Sedangkan sisanya adalah pemain-pemain muda debutan.

"Di tim Uber semua adalah pemain muda, ini kesempatan buat menguji kemampuan mereka. Jadi ini bukan asal pilih, tapi saya sudah koordinasi dengan pelatihnya melihat performa di latihan mereka memang sudah layak," ujar Rionny.

Dengan susunan baru ini, Rionny optimistis timnas bisa melalui minimal fase grup dan berharap bisa menciptakan kejutan jika mampu melaju ke semifinal.

Baca juga: Timnas Indonesia tempati Grup A Piala Thomas dan Uber 2022
Baca juga: Hendra apresiasi dukungan semua pihak untuk menangkan Piala Thomas


Berikut nama-nama pebulu tangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2022:

Tim Piala Thomas
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Syabda Perkasa Belawa
5. Tegar Sulistio
6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
7. Mohammad Ahsan
8. Hendra Setiawan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto
11. Bagas Maulana
12. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Piala Uber
1. Komang Ayu Cahya Dewi
2. Aisyah Sativa Fatetani
3. Bilqis Prasista
4. Tasya Farahnailah
5. Siti Sarah Azzahra
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amalia Cahaya Pratiwi
9. Jesita Putri Miantoro
10. Lanny Tria Mayasari
11. Tryola Nadia
12. Melani Mamahit

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022