Temanggung (ANTARA) - Sebanyak 80.324 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng.

Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana di Temanggung, Senin, mengatakan pembayaran BLT minyak goreng bersamaan pencairan bantuan sosial (bansos) pangan tunai kepada 80.324 KPM.

Menurut dia penyaluran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai dimulai, pada Selasa (12/4), kemudian diintensifkan pada Senin ini.

"Dijadwalkan pada 25 April 2022 penyaluran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai sudah selesai," kata Arif.

Baca juga: BLT minyak goreng sudah disalurkan ke 72 persen sasaran di Surabaya

Baca juga: Ratusan KPM terima BLT senilai Rp500 ribu di Manggarai Selatan


Ia menyebutkan setiap KPM menerima BLT minyak goreng sebanyak Rp100.000 per bulan untuk tiga bulan atau menerima Rp300.000. Sedangkan bansos pangan tunai sebesar Rp200.000, yakni untuk bulan Mei 2022 sehingga setiap KPM total menerima Rp500.000.

Arif menyampaikan sesuai perintah dari Presiden Jokowi bahwa tujuh hari sebelum Lebaran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai harus sudah diterimakan KPM, maka pada 25 April 2022 terakhir penyaluran bantuan.

Ia menyampaikan pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung untuk pencairan BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai.

Penerima manfaat BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Sosial terinci berdasarkan nama sesuai alamat (by name by address)

Penjadwalan penerimaan BLT minyak goreng, katanya disusun bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung.

Penjadwalan ini didasarkan kecamatan dan desa, untuk menghindari kerumunan dan kecepatan dalam pencairan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo menuturkan, pada Selasa (12/4), warga yang sudah menerima BLT minyak goreng adalah warga di Kecamatan Bansari dan Bulu.

Kemudian pada hari ini warga di Kecamatan Bejen, Pringsurat, Kaloran, Jumo dan Kledung.

"Kami berharap bantuan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh keluarga penerima manfaat," katanya.*

Baca juga: Surabaya bersiasat mempercepat penyaluran BPNT dan BLT minyak goreng

Baca juga: PT Pos target penyaluran BLT minyak goreng di Surabaya sebelum Lebaran

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022