Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten memprediksi arus mudik meningkat sejak 10 hari sebelum Lebaran atau H-10, baik melalui terminal, bandara dan perjalanan darat.

"Kemungkinan H-10 Lebaran baru terlihat kenaikan jumlah pemudik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar saat ditemui di Terminal Poris Plawad, Senin.

Dikatakannya pada dua pekan menjelang Lebaran, masih belum terlihat tanda-tanda masyarakat melakukan perjalanan mudik. Namun, Dishub mencatat pada akhir pekan lalu sempat terjadi kenaikan penumpang di Terminal Poris.

Hal itu disebabkan karena adanya libur nasional peringatan Jumat Agung pada hari Jumat (15/4). Namun, kenaikan penumpang tersebut tak terlalu signifikan.

Baca juga: Petugas tutup empat putar balik kendaraan di Pasar Tegal Gubug Cirebon

Baca juga: Menkes: Tetap pakai masker jelang Lebaran meski kasus COVID-19 rendah


"Biasanya jumlah penumpang sehari itu ada 300-400 orang per hari. Namun, kemarin sempat mencapai 700 orang. Itu karena ada libur nasional," ujarnya.

Wahyudi mengimbau, kepada masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan saat mudik. Sehingga, mudik dapat terlaksana dengan aman, dan nyaman.

"Terus perketat protokol kesehatan, dan jangan lupa juga untuk lengkapi vaksinasi. Sehingga, mudik bisa berjalan dengan aman dan nyaman," katanya.*

Baca juga: BMKG kenalkan sistem informasi cuaca maritim dukung mudik laut aman

Baca juga: Sebanyak 6.500 calon pemudik telah daftar mudik gratis DKI

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022