Daftar penerimanya ditentukan pusat. Total ada 10.042 KPM di Kota Madiun yang menerima BLT Minyak Goreng
Madiun (ANTARA) - Sebanyak 10.042 keluarga penerima manfaat atau KPM di Kota Madiun, Jawa Timur, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng periode April hingga Juni 2022 dengan nilai Rp300 ribu per KPM.

Koordinator Daerah Program Sembako Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Madiun Wahyu Sulistyono di Madiun, Senin, mengatakan BLT diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Nominalnya mencapai Rp100 ribu per bulan yang akan dicairkan tiga bulan.

"Daftar penerimanya ditentukan pusat. Total ada 10.042 KPM di Kota Madiun yang menerima BLT Minyak Goreng. Masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp300 ribu untuk tiga bulan yaitu, April, Mei dan Juni," ujar Wahyu Sulistyono.

Baca juga: Safari Ramadhan di Madiun-Jatim sediakan bazar UMKM dan vaksinasi

Menurut dia, daftar penerima BLT Minyak Goreng disesuaikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Yakni, KPM yang selama ini menerima Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Penyalurannya sudah dimulai sejak hari Kamis, 14 April lalu. Saat ini belum selesai," katanya.

Wahyu menjelaskan, untuk mengambil BLT, para KPM wajib menunjukkan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Selain itu, membawa undangan sebagai bukti bahwa nama mereka masuk dalam daftar penerima BLT Minyak Goreng.

Baca juga: Pemkot Madiun gelar wisata vaksin guna tarik anak untuk divaksin

Dia menambahkan, pada bulan Mei mendatang sejumlah KPM di antaranya juga akan mendapatkan BPNT. Sebab, KPM yang menerima PKH otomatis juga mendapatkan BPNT. Adapun, jumlah KPM yang masuk PKH sekitar 3 ribu orang.

Meski mendapat banyak bantuan, Wahyu memastikan tidak ada kerancuan data sebab, setiap bulan dilakukan verifikasi dan "update" untuk menentukan KPM yang berhak mendapatkan bantuan sosial.

"Jika sudah meninggal atau tidak lagi layak mendapat bantuan sosial, maka akan dihentikan," katanya.

Baca juga: Dinkes: 3.700 balita di Kabupaten Madiun-Jatim alami "stunting"

Pemerintah pusat memberikan BLT Minyak Goreng senilai Rp100 ribu untuk periode April, Mei, Juni 2022, dengan nilai total Rp300 ribu per KPM.

Sasaran BLT Minyak Goreng seluruhnya meliputi 20,5 juta KPM PKH dan BPNT serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang berjualan gorengan.

Baca juga: Capaian vaksinasi penguat di Kabupaten Madiun Jatim masih rendah

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022