Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses dengan platform komik digital atau webtoon Kakaopage, agensi hiburan bertaraf internasional Kakao Entertainment akan meluncurkan aplikasi Kakao Webtoon di Indonesia pada 27 April 2022.

Melalui Kakao Webtoon, Kakao Entertainment ingin menyediakan pengalaman yang sepenuhnya baru bagi pembaca Indonesia, sebagaimana dikutip dari siaran pers pada Senin.

Aplikasi tersebut akan menunjukkan penyampaian baru berupa IP Experience atau IPX. Para karakter dari setiap webtoon akan ditampilkan melalui gambar tiga dimensi yang bergerak.

Kemudian, pembaca bisa menemukan berbagai karya dengan Universe Circle yang berfungsi sebagai fitur pencarian konten. Pembaca juga tak perlu bingung memilih karya yang selanjutnya akan dibaca karena AI pribadi akan memberikan rekomendasi sesuai selera pembaca melalui sistem rekomendasi.

Tak hanya itu, pembaca juga bisa mendapatkan tiket gratis setiap periode tertentu dan hadiah dari berbagai event untuk bisa membaca episode secara gratis.

Kakao Webtoon di Indonesia akan menghadirkan webtoon IP terkenal seperti "The Office Blind Date", yang versi dramanya dengan judul "Business Proposal" sangat populer belakangan ini. Selain itu, akan ada "Solo Leveling", "Tomb Raider King" yang telah populer di Kakaopage, serta webtoon baru seperti "Today the Villainess Has Fun Again", "Dr. Brain", dan masih banyak lagi.

Setelah peluncuran, judul-judul baru yang telah populer lebih dulu di Korea Selatan rencananya akan dirilis setiap hari selama bulan Mei untuk menandai dimulainya layanan Kakao Webtoon di Indonesia. Kemudian, disusul oleh 200 judul lain yang akan dirilis tahun ini.

Sebagai informasi, Kakao Webtoon telah lebih dulu diluncurkan di Thailand, Taiwan, hingga Korea Selatan, dan mendapatkan reaksi positif sebagai aplikasi yang menerapkan standar baru sebagai layanan penyedia konten hiburan.

Di Thailand, aplikasi tersebut menempati peringkat satu sebagai platform dengan penghasilan tertinggi di antara aplikasi penyedia konten hiburan hanya dalam waktu tiga bulan setelah diluncurkan pada Juni tahun lalu.

Sedangkan di Taiwan, aplikasi tersebut berhasil menempati peringkat satu kategori komik di Google Play dan peringkat enam pada kategori hiburan di App Store pada minggu pertama peluncurannya. Sementara itu, di Korea Selatan, Kakao Webtoon berhasil meningkatkan penjualan lima kali lipat hanya dalam 100 hari.

Saat ini, Kakao Webtoon telah membuka kesempatan kepada para pembaca untuk bergabung lebih dulu melalui Kakaopage Indonesia pada 11-19 April 2022. Para pembaca yang bergabung dalam event pada periode tersebut akan mendapatkan 1.000 Cash secara gratis saat peluncuran Kakao Webtoon.

Baca juga: Nam Yoon Su akan gabung di drama "Today's Webtoon"

Baca juga: Empat daya tarik drama Korea "Yumi's Cells", adaptasi webtoon ternama

Baca juga: DC Comics dan Naver rilis serial Batman di Webtoon

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022