Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada sekitar 58 persen dari total 337.997 keluarga yang menjadi sasaran program bantuan pemerintah tersebut di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Mudah-mudahan di tanggal 21 April target kami bisa mencapai 90 persen. Kami terus berkonsolidasi dengan pihak PT Pos," kata Sekretaris Dirjen Penanganan Fakir Miskin Beni Sujanto seusai penyerahan bantuan program reguler Kemensos secara simbolis di Kantor Kapatihan, Yogyakarta, Senin.

Menurut Beni, BLT minyak goreng untuk masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) di DIY sebesar Rp100 ribu per bulan untuk bulan April, Mei, Juni 2022 diberikan sekaligus di bulan April.

Jika ditotal nilai bantuan untuk seluruh KPM di DIY sebesar Rp101.399.100.

Baca juga: Sosiolog: BLT minyak goreng perlu dimanfaatkan sesuai peruntukan

Bagi masyarakat yang hingga Lebaran belum sempat mengambil BLT minyak goreng di PT Pos, menurut Beni, masih memiliki hak mengambil bantuan itu hingga batas penyaluran sesuai kontrak Kemensos dengan PT Pos.

"Misalnya setelah Lebaran mereka tidak sempat mengambil, sampai batas waktu yang sudah ada ketentuannya 90 hari mereka masih tetap mendapatkan," ujar dia.

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto yang juga hadir dalam penyerahan bantuan itu berharap BLT tersebut bisa tepat sasaran serta tidak ada penyelewengan dalam proses penyaluran di lapangan.

"Jangan sampai ada pemotongan, jangan ada penyelewengan. Yang berhak menerima bisa menerima, sedangkan yang tidak berhak jangan menerima," ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Meski demikian, ia menilai Kemensos telah memiliki data serta pola penyaluran yang bagus.

"Yang disalurkan itu yang benar-benar butuh dan tidak bisa membeli minyak goreng secara langsung," ujar dia.

Baca juga: Sebanyak 10.042 KPM di Kota Madiun terima BLT Minyak Goreng

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih memastikan penyaluran BLT minyak goreng di wilayah DIY hingga kini terus berproses dan ditargetkan bisa rampung secara keseluruhan pada April 2022.

"Sampai tanggal 17 April kemarin penyerapan sudah di 58,66 persen," ujar Endang.

Dalam kesempatan itu, Kemensos bersama Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan secara simbolis dengan total senilai Rp401.508.194.710 kepada Pemda DIY.

Bantuan terdiri dari program reguler meliputi Program BPNT/Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng.

Baca juga: 80.324 KPM di Temanggung terima BLT minyak goreng

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022