Masyarakat Italia kagumi seni rupa Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Kurator Seni Italia Dominique Lora mengatakan karya seni rupa Indonesia sangat luar biasa dan mendapat sambutan yang besar dari masyarakat Italia saat digelar pameran di Eropa.

"Saya pernah membuat acara pameran seni rupa Indonesia di Eropa dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Italia, karena itu perlu diadakan acara pameran seni rupa yang lebih besar lagi," tutur Dominique dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu yang terhubung langsung melalui Skype dari Italia.

Ia mengatakan, sudah mengelilingi Indonesia dan sudah melihat karya-karya seni rupa Indonesia dan karena keindahannya itu maka perlu diperkenalkan ke dunia internasional.

Terkait dengan itu pihak Ciputra Artpreneur Center akan mengadakan pameran seni rupa yang membawa 15 seniman Indonesia mempertunjukkan 28 karya terbaik mereka di Museum Macro Roma di Italia pada 15 November 2011 hingga 15 Januari 2012.

Direktur Utama Ciputra Artpreneur Center, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan para seniman Indonesia yang akan mempertunjukkan karya terbaik mereka di Italia tersebut telah melewati proses pemilihan dengan kriteria yang ditetapkan angsung oleh Kurator Seni Italia Dominique Lora.

"Sebenarnya lukisan Indonesia bisa bersaing dengan lukisan-lukisan terkenal di dunia hanya saja perlu diperkenalkan, dipromosikan dan perlu dukungan dari galeri serta membawa karya tersebut keliling dunia," katanya.

Rina menyebutkan, seharusnya masyarakat bangga atas karya-karya kreatif seniman Indonesia karena mampu bertarung di kancah internasional.

"Saya optimis budaya Indonesia semakin dikenal dan semakin maju dan untuk meningkatkan kualitas yang berstandar internasional harus melewati masa-masa sulit di mana kebudayaan tersebut harus terus memperbaiki diri," katanya.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus Andre Sukmana turut menyambut baik prakarsa dan gagasan diselenggarakannya pameran seni rupa di Museum Macro Roma di Italia ini.

Ia berharap dengan ditampilkannya karya-karya para seniman nasional di dunia internasional dapat membawa seni rupa Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

Seniman Kontemporer Indonesia, Made Wianta mengatakan, bangsa Indonesia tidak kekurangan seniman hebat, hanya saja kurangnya dukungan untuk dieksplor dan diekspos serta kuranganya sponsor yang menjadikan karya seniman Indonesia kurang berkiprah di dunia global.

"Kita sebenarnya tidak kalah dengan para seniman dunia, hanya saja kita masih kekurangan informasi untuk dipublikasikan. Ke depan kita berharap dengan adanya pameran seni rupa di Italia ini menjadi langkah untuk memperkenalkan seniman Indonesia di kancah internasional," ulas Made Wianta.

Salah satu karya yang akan ditampilkan di pameran seni rupa di Italia nanti adalah karya Made Wianta yaitu Symphony dan At Last.

Para seniman yang akan menampilkan karya terbaiknya di Italia ini yaitu Made Wianta, Agus Suwage, F.X Harsono, Yuli Praytno, Melati Suryodarmo, Mella Jaarsma, Heri Dono, Eko Nugroho, Entang Wiharso, Ugo Untoro, Titarubi, Astari Rasyid, Arya Pandjalu, S.Teddy Darmawan dan Budi Kustarto.
(T.M-FJL/S025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar