Kawasan Kotabaru diproyeksikan menjadi destinasi wisata baru di Kota Yogyakarta..
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyiapkan Tourist Information Service (TIS) untuk memberikan layanan kepada wisatawan saat libur Lebaran yang pada tahun 2022 ini diperkirakan meningkat seiring dengan pelonggaran mudik Lebaran.

“Layanan ini akan kami buka di kawasan Malioboro. Biasanya memang dibuka di depan Malioboro Mal,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, layanan tersebut akan dibuka pada 3-7 Mei namun lokasi tepatnya belum ditentukan karena akan ada kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang berencana membuka layanan vaksinasi booster untuk wisatawan.

“Yang pasti tetap akan dibuka di Malioboro yang menjadi lokasi tujuan utama wisatawan di Yogyakarta. Tetapi, lokasi pastinya akan menyusul ditetapkan,” katanya.
Baca juga: Yogya berbenah sambut wisatawan libur Lebaran, Malioboro didandani

Rencananya, TIS akan dibuka dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. TIS akan memberikan layanan berupa pemberian informasi kepada wisatawan seperti akomodasi atau hotel untuk menginap, kuliner, dan destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Andrini mengatakan, ada beberapa destinasi wisata baru yang layak dicoba oleh wisatawan saat libur Lebaran, di antaranya Embung Giwangan atau Taman Pintar 2 dan juga jelajah kawasan Kotabaru.

Kawasan Kotabaru diproyeksikan menjadi destinasi wisata baru di Kota Yogyakarta karena kawasan tersebut cukup unik dengan banyak bangunan kuno bergaya indhische.
Baca juga: Parangtritis dan Dlingo masih tujuan wisata utama saat turis ke Yogya

Selain itu, lanjut dia, wisatawan juga bisa mendapat informasi untuk menyampaikan keluhan apabila merasa dirugikan dengan pelayanan jasa pariwisata.

“Selain brosur dan buku panduan berisi informasi pariwisata, juga ada brosur lain yang disiapkan bekerja sama dengan instansi terkait seperti pemadam kebakaran yang akan menginformasikan hotline atau telepon darurat yang bisa dihubungi,” katanya.

Ia berharap, dengan keberadaan TIS maka wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akan mendapatkan informasi dan pelayanan terbaik sehingga bisa menikmati waktu libur mereka di Yogyakarta dengan nyaman.

Baca juga: 8 usaha akomodasi wisata di Yogya ajukan asesmen protokol kesehatan

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022