sudah memetakan beberapa titik yang kerap dijadikan terminal bayangan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengintensifkan patroli keliling dari situasional menjadi berkelanjutan setiap hari untuk mengawasi terminal bayangan menjelang arus mudik Lebaran.

"Jelang mudik intensitas (patroli keliling) lebih ditingkatkan, pagi, siang, dan malam," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat di Jakarta, Selasa.

Dalam patroli setiap hari itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan penertiban apabila menemukan bus yang  yang menaikkan dan menurunkan penumpang di luar tujuh terminal yang sudah ditetapkan melayani angkutan mudik Lebaran.

Pihaknya sudah memetakan beberapa titik yang kerap dijadikan terminal bayangan di antaranya di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Penertiban agar kendaraan masuk ke terminal sesuai dengan yang tertera dalam kartu pengawasannya. Penertiban dilakukan oleh jajaran perhubungan (dinas dan sudin) sesuai wilayah operasional," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan pihaknya menyiapkan tiga terminal bantuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Tiga terminal bantuan itu yakni Terminal Lebak Bulus, Terminal Grogol, dan Terminal Muara Angke.

Sedangkan untuk terminal Antarkota Antarprovinsi (AKAP) akan dilayani empat terminal yang selama ini digunakan di Jakarta yakni Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, dan Terminal Tanjung Priok.

Menurut dia, pemilihan tiga terminal bantuan itu salah satunya mengakomodasi pergerakan calon pemudik dari utara.

Sedangkan pergerakan pemudik dari wilayah lain di DKI, kata dia, masih bisa diakomodasi oleh Terminal Kampung Rambutan, Pulo Gebang dan Terminal Lebak Bulus.

"Selama ini dari hasil evaluasi untuk wilayah timur itu sudah bisa diakomodasi oleh Kampung Rambutan dan Pulo Gebang," katanya di Jakarta, Selasa (12/4).

Sementara itu, untuk wilayah selatan sudah didukung oleh Terminal Lebak Bulus dan juga Terminal Kampung Rambutan.

Kemudian di wilayah barat, didukung Terminal Grogol yang juga sekaligus mendukung wilayah utara.

"Di utara yang Terminal Tanjung Priok yang relatif lebih kecil itu didukung penuh Terminal Muara Angke dan Grogol tentunya," ucapnya.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan berdasarkan survei Litbang pada Maret 2022 memprediksi akan ada sekitar 13 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bakal menjalani mudik Lebaran tahun ini.
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan berencana buka gerai vaksinasi dosis ketiga
Baca juga: Jasa Marga rekonstruksi Tol Japek pastikan kenyamanan pemudik
Baca juga: Ada 19.680 tiket mudik gratis untuk warga Jakarta

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022