tim berhasil menemukan perahu korban di Pantai Bulo, Desa Rerer, tetapi korban tidak berada di atas perahu
Manado (ANTARA) - Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap seorang nelayan yang belum kembali dari melaut, di Pantai Lilang Kecamatan Kema  Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado Suhri Sinaga di Manado, Selasa, mengatakan, Selasa ini pihaknya menerima laporan telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia di Pantai Lilang Kecamatan Kema.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, ia memerintahkan tim agar mempersiapkan peralatan untuk pencarian nelayan hanyut," katanya.

Baca juga: SAR temukan nelayan Pasir Panjang meninggal dunia

Ia mengatakan setibanya di lokasi, tim melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan keluarga korban, dan diketahui korban atas nama Freddy Angkouw 65 tahun, warga Desa Lilang Jaga I.

Informasi dari keluarga korban, keseharian korban mencari ikan di sekitar pantai Lilang menggunakan perahu sampan.
Biasanya korban pulang pada pagi hari, tetapi sampai siang, korban belum juga kembali.

Mengingat cuaca pada saat kejadian angin bertiup kencang disertai gelombang ombak tinggi, sehingga keluarga dan warga setempat berinisiatif melakukan pencarian hingga malam hari, tetapi belum ada tanda-tanda keberadaan korban.

Baca juga: Tim SAR temukan korban terseret arus sungai di Manggarai Barat

Pada pencarian, Tim SAR gabungan terdiri atas Basarnas, TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat setempat melaksanakan pencarian menggunakan perahu karet, perahu nelayan dan melakukan penyisiran di pinggiran pantai.

Tim dibagi menjadi beberapa unsur untuk melakukan pencarian di daratan dan di perairan.
Mengingat cuaca pada saat kejadian, angin bertiup kencang dan gelombang tinggi, sehingga diperkirakan korban terbawa arus ke tengah laut.

"Setelah melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, tim berhasil menemukan perahu korban di Pantai Bulo, Desa Rerer, akan tetapi korban tidak berada di atas perahu, dan hingga saat ini tim terus melakukan pencarian korban," katanya.

Baca juga: Tim SAR Timika temukan dua pemancing yang hilang kontak

Sinaga mengimbau kepada tim SAR gabungan agar selalu menjaga kekompakan dan saling berkoordinasi agar korban cepat ditemukan.

Mengingatkan juga kepada seluruh personel yang berada di lokasi agar tetap mengutamakan keselamatan diri pada saat melakukan pencarian mengingat cuaca di lokasi kurang bersahabat.

"Kepada seluruh tim yang melakukan pencarian agar selalu berkoordinasi dengan nelayan setempat apabila melihat tanda-tanda keberadaan korban, agar melaporkan ke posko operasi di Desa Lilang," katanya.

Baca juga: Tim SAR Manado evakuasi seorang warga panjat tower listrik
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022