Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran, mengajak umat Muslim terutama jemaah di Masjid Baiturrahim Gorontalo, untuk senantiasa mencintai Al Quran.

"Semoga dengan mencintai Al Quran, kita mendapat kemuliaan dari Al Quran, orang yang cinta Al Quran, serta mendapat kenikmatan dan kebahagiaan dari kemuliaan Al Quran,” kata Fadel dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan hal tersebut saat menghadiri peringatan Nuzulul Quran bersama jemaah di Masjid Baiturrahim, Gorontalo, Senin malam (18/4).

Baca juga: Fadel Muhammad: Empat fondasi bangsa jadi pegangan ke depan

Menurut Fadel, malam Nuzulul Quran yang merupakan malam diturunkannya ayat suci Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW merupakan malam yang penuh rahmat dan berkah.

Lebih lanjut, ia mengatakan Al Quran diturunkan sebagai rangkaian kitab-kitab sebelumnya, yaitu Zabur, Taurat, dan Injil. Fadel pun menyampaikan bahwa Al Quran diturunkan secara bertahap selama sekitar 22 tahun 22 bulan.

“Al Quran diturunkan secara bertahap selama kurang lebih 22 tahun 22 bulan. Turunnya Al Quran dibuat sedemikian rupa, setiap ada peristiwa, kejadian, atau contoh, maka turun ayat Quran,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Fadel membahas pula persoalan pejabat Gubernur Gorontalo yang akan ditunjuk usai berakhirnya masa jabatan gubernur saat ini, yaitu pada 12 Mei 2022.

"Masa jabatan Gubernur Gorontalo saat ini akan berakhir pada 12 Mei mendatang. Gubernur yang sekarang sudah dua periode sehingga tidak bisa diperpanjang lagi. Sebagai penggantinya akan ditunjuk penjabat Gubernur Gorontalo," kata Fadel.

Untuk menunjuk pejabat Gubernur Gorontalo, Fadel menyampaikan pejabat tersebut harus merupakan pejabat aktif eselon satu sebagaimana yang dimuat dalam undang-undang dan diingatkan pula oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Mendagri Tito Karnavian mengatakan, menurut undang-undang, penjabat gubernur harus pejabat aktif dan eselon satu. Jadi, ada tiga calon yang dipersiapkan. Pertama, putra daerah Gorontalo, di Kemendagri, eselon I. Kedua, mantan pejabat di Gorontalo yang juga seorang direktur jenderal. Ketiga, calon dari kepolisian, yang pernah menjadi Kapolda di Manado," ucap Fadel.

Selanjutnya, ia mengatakan, pada 25 April 2022, pemilihan pejabat Gubernur Gorontalo tersebut akan dibicarakan dengan Tito Karnavian.

"Kemudian, akan diajukan ke Presiden dan pada bulan Mei sudah ada calonnya," lanjut dia.

Fadel berharap penjabat Gubernur Gorontalo terpilih dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan untuk masyarakat Gorontalo.

Baca juga: Ketua MUI: Al Quran memberi pembelajaran kepada umat manusia
Baca juga: Ketua DPR: Peringatan Nuzulul Quran bisa jadi spirit umat Islam
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022