Makassar (ANTARA News) - Kota Makassar mengandalkan objek wisata budaya dan bahari menyongsong tahun kunjungan wisata (visit South Sulawesi) 2012.

"Banyak objek wisata menjadi pilihan wisatawan mancanegara pada tahun kunjungan wisata Sulsel antara lain, Benteng Port Rotterdam, Benteng Somba Opu, Makam Syech Yusuf, Makam Pangeran Diponegoro, Makam Raja Tallo, Monumen Mandala Pantai Losari, dan Pelabuhan Nusantara Paotete khusus perahu pinisi, "kata Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin.

Sedangkan untuk wisata bahari, Makassar menyiapkan beberapa pulau di lepas pantai Makassar antara lain Pulau Kayangan, Lae-Lae, Samalona, Kodingareng, Barang Lompo, Barang Caddi, kawasan wisata pantai Akkarena, Tanjung Bayam dan Tanjung Bunga.

Selain sejumlah objek wisata tersebut, ujar Ilham, Makassar juga menyuguhkan objek wisata bernuansa religius antara lain, Masjid Tua Katangka, Masjid Raya, Al Markaz Al Islamy dan dan Museum Lagaligo yang berada dalam Benteng Port Rotterdam serta wiswata kuliner.

Menuru Ilham, Makassar punya keunggulan dibanding empat kabupaten yang ditetapkan sebagai lokasi kunjungan wisata pada tahun kunjungan Sulsel 2012. Hal itu dimungkinkan karena di ibu kota Provinsi Sulsel ini hampir semua fasilitas bagi wisatawan telah ada.

"Kita punya hotel dengan kapasitas 5.000 kamar, mulai dari hotel melati hingga bintang empat, serta ruang konvensi untuk penyelenggaraan pertemuan tingkat nasional maupun internasional, "ujat Ilham.

Makassar salah satu dari lima kabupaten yang ditetapkan pemprov Sulsel sebagai daerah tujuan wisata 2012. Empat kabupaten lainnya adalah, Wajo, Maros, Bulukumba dan Tana Toraja yang akan menampilkan wisata unggulan mereka masing-masing.
(S016)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011