Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng PT Astra International Tbk guna memperluas ekspor produk desa.
 
"Pengembangan ekonomi lokal skala desa sudah saatnya mempunyai orientasi ekspor," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Menurutnya, desa-desa di Indonesia mempunyai peluang besar untuk mengirim komoditas lokal mereka menjadi produk ekspor.
 
Ia mengatakan beberapa produk lokal skala desa yang layak ekspor di antaranya produk furnitur, kerajinan, busana, agrobisnis, hingga makanan dan minuman.

Baca juga: KBA Telaga Murni memetik buah komitmen menjaga lingkungan

Baca juga: KBA Talang Babungo nikmati manisnya gula semut
 
"Dengan pengelolaan yang benar maka berbagai komoditas unggulan tersebut sangat layak untuk menjadi produk ekspor," tuturnya dalam Kick Off Ekspor DSA dan Awarding Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Innovation.
 
Ia mengapresiasi kepada pihak ketiga yang mau bekerja sama mengembangkan potensi ekonomi skala desa. Keterlibatan pihak ketiga seperti Astra maupun kalangan swasta lainnya sangat membantu mempercepat peningkatan kesejahteraan warga desa.
 
"Kami menyadari bahwa, kerja besar ini tidak dapat kami lakukan sendiri, diperlukan keterlibatan banyak pihak baik dunia usaha, Perguruan Tinggi, serta komunitas-komunitas kreatif yang ada di masyarakat," katanya.
 
Ia mengharapkan program peningkatan kapasitas SDM serta kemandirian ekonomi desa yang digerakkan oleh Astra menjadi parameter setiap pihak dalam menjalankan program kegiatan pendampingan SDM Desa yang lain, baik dalam bentuk pelatihan hards kill, kontrol kualitas produk, manajemen keuangan keluarga hingga pendampingan kelompok usaha.
 
Sebagai informasi, sejak tahun 2019 hingga tahun 2021 telah ada 133 Kampung Berseri Astra (KBA) dan 930 Desa Sejahtera Astra (DSA) di 34 Provinsi yang didampingi melalui program tanggungjawab sosial perusahaan PT Astra International.*
   

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022