Bandung (ANTARA) - Polresta Bandung membangun pos lalu lintas (lantas) baru di depan akses keluar Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, guna merespon cepat jika ada kecelakaan, khususnya pada saat arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pembangunan Pos Lantas Cileunyi itu merupakan hibah dari dinas pekerjaan umum. Dengan adanya pos tersebut, menurutnya mobilitas polisi akan semakin cepat dibandingkan jika berangkat dari Markas Polresta Bandung di Soreang, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Kapolres : 121 armada bus di Sukoharjo laik jalan

"Seandainya kita berangkat dari Polresta Bandung, membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 50 menit," kata Kusworo saat meresmikan Pos Lantas Cileunyi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Menurutnya Pos Lantas Cileunyi itu juga diperuntukkan untuk menanggapi dengan cepat kebutuhan masyarakat terkait lalu lintas, seperti menangani kecelakaan, mengurai kemacetan, hingga penegakkan hukum.

"Di pos lantas ini kita ada unit yang bersiaga, karena banyak sekali hal-hal yang membutuhkan kehadiran polisi," kata dia.

Selain pos lantas, menurutnya Polresta Bandung juga memasang pos terpadu berkaitan dengan Operasi Ketupat Lodaya 2022. Di pos tersebut, menurutnya anggota kepolisian mengamati dan melakukan evaluasi guna mengurai arus mudik.

Untuk mengamankan arus mudik, menurutnya Polresta Bandung menurunkan 380 personel yang akan disebar di sejumlah titik. Selain itu, menurutnya sejumlah pos pelayanan polisi juga bakal menyediakan vaksinasi untuk masyarakat.

"Kita siapkan pelayanan masyarakat juga, misalnya untuk beristirahat, ada kopi instan, dan kita juga menyediakan sepeda motor yang membawa BBM jika ada kebutuhan mendesak," kata Kusworo.

Baca juga: Kapolda Jabar tinjau jalur arteri pantura jelang mudik Lebaran 2022
Baca juga: Epidemiolog: Cegah gelombang lanjutan dengan vaksinasi jelang mudik
Baca juga: Anies belum berencana tambah tiket mudik gratis

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022