Jakarta (ANTARA) - Pasar Gembrong Baru yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, bakal menjadi ikon sentra ikan hias di wilayah Jakarta Timur.

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat saat membuka Pameran Ikan Hias yang berlangsung 11 April-11 Mei 2022 di Pasar Gembrong Baru, Selasa, mengatakan tempat tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Harapannya tentu ini bisa menjadi ikon ikan hias Jakarta Timur. Saya berharap ini bisa besar seperti di Jalan Sumenep Jakarta Pusat. Saya lihat potensinya ada," kata Hendra Hidayat.

Hendra menambahkan, pihaknya juga akan melakukan upaya pengembangan Pasar Gembrong Baru sebagai sentra ikan hias di Jakarta Timur (Jaktim).

"Tentunya kami secara teknis akan memberikan pembinaan oleh Sudin KPKP, dari segi promosi kami akan gandeng Sudin Parekraf, termasuk Kominfo untuk menggaungkan agar menjadi viral," ujar Hendra.

Hendra mengatakan, dengan promosi yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kunjungan masyarakat yang nantinya akan berdampak bagi peningkatan ekonomi pedagang ikan hias.

Baca juga: Satpol PP sebut PKL ikan hias Jatinegara sebagai ikon Jakarta
Baca juga: Dinas KPKP DKI Jakarta gelar pameran ikan hias


Ketua Asosiasi Pedagang Ikan Hias Pasar Gembrong Baru, Fahmi mengatakan, saat ini setidaknya sudah ada 80 lebih pedagang ikan hias yang berjualan di pasar tersebut.

Fahmi mengatakan, para pedagang tersebut dahulu hanya berjualan di trotoar jalan. Namun saat ini sudah difasilitasi tempat dan mempunyai legalitas berjualan.

"Kami berharap ke depan Pasar Gembrong Baru adalah rumah bagi pedagang ikan. Khususnya di Jakarta Timur kalau banyak lihat pedagang ikan di trotoar sekarang sudah masuk ke Pasar Gembrong," tutur Fahmi.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022