Perbaikan kinerja ekonomi domestik dipengaruhi volume ekspor yang tertahan seiring dengan lebih rendahnya pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan dunia akibat berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 dari 4,7 persen sampai 5,5 persen menjadi 4,5 persen sampai 5,3 persen dengan adanya dampak ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

"Perbaikan kinerja ekonomi domestik dipengaruhi volume ekspor yang tertahan seiring dengan lebih rendahnya pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan dunia akibat berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil RDG Bulanan Bulan April 2022 Cakupan Triwulanan di Jakarta, Selasa.

Selain itu, perbaikan permintaan domestik ke depan juga akan terpengaruh baik karena tertahannya volume ekspor maupun kenaikan harga energi dan pangan global.

Ia menjelaskan tertahannya volume ekspor disebabkan oleh sejumlah negara mitra dagang utama Indonesia yang menunjukkan pertumbuhan dari sisi permintaan, serta masih adanya gangguan mata rantai global.

Hingga triwulan I-2022, perbaikan ekonomi domestik terus berlanjut karena didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi non bangunan, dan kinerja ekspor, yang sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik.

Perry membeberkan sejumlah indikator dini pada Maret 2022, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya pemulihan ekonomi domestik.

"Pertumbuhan ekonomi juga ditopang kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi," jelasnya.

Secara spasial, dirinya menuturkan perbaikan ekonomi ditopang terutama oleh akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa dan Balinusra, disertai tetap baiknya kinerja ekonomi Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), Sumatera, dan Kalimantan.

Baca juga: BI kembali pertahankan suku bunga acuan sebesar 3,5 persen
Baca juga: BI turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2022 jadi 3,5 persen
Baca juga: BI tegaskan ekstra hati-hati pertimbangkan kebijakan stabilitas harga

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022