Kendari (ANTARA News) - Mantan Presiden RI BJ Habibie, direncanakan akan menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Silaknas-ICMI) (9-11 Desember 2011) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Orwil ICMI Sultra, Prof Dr H Yusuf Abadi di Kendari, Jumat mengatakan, kehadiran mantan presiden di Bumi Anoa, Kota Kendari itu selain bersilaturahim, juga sekaligus akan memberikan ceramah umum.

"Jadi rencana beliau (Habibie) akan tiba lebih awal sehari di Kendari yakni pada tanggal 8 Desember untuk memberikan ceramah umum terkait persoalan bangsa di Tanah Air," katanya.

Yusuf Abadi yang juga pakar ekonomi Sultra dan Pembantu Rektor IV Universitas Haluoleo itu, rangkaian kegiatan Silaknas ICMI yang setiap tahun diselenggarakan itu Sultra dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara.

Ia mengatakan, kegiatan Silaknas ICMI tahun 2011 itu dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi, konsolidasi dan bertukar gagasan antar cendekiawan ICMI dan cendekiawan lainnya dengan semangat kebangsaan dalam upaya mengatasi upaya-upaya bangsa dewasa ini.

Tujuannya adalah, menggali rumusan-rumusan dan strategi pengembangan untuk meningkatkan pengembangan potensi bangsa sebagai modal sosial, ekonomi dan politik yang mendorong terciptanya kedaulatan bangsa untuk meningkatkan kemakmuran bangsa.

Selain itu melakukan kajian atau kebijakan pemerintah dan publik yang relevan untuk revitalisasi kebijakan pemerintah, serta melakukan evaluasi kemajuan pelaksanaan dan perencanaan program kerja tahunan (2011-2012).

"Harapan kami sebagai tuan rumah, Silaknas ICMI ini bisa terlaksana sesuai dengan waktu yang telah disepakati," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Silaknas ICMI daerah Sultra, Prof DR Ir Andi Bahrun mengatakan jumlah peserta yang akan hadir seluruhnya berjumlah 600 orang belum termasuk dengan panitia daerah yang jumlahnya ada sekitar 200 orang sehingga seluruhnya mencapai 800 orang.

Ia mengatakan, selain mantan Presiden yang menyatakan siap datang di Kota Kendari, juga Ketua Presidium ICMI (Dr Ing Ilham Habibie), Prof Dr Jumly Asishiddigie (mantan Ketua MK) dan AM Fatwa.

Sementara beberapa pejabat menteri yang juga selaku pengurus ICMI pusat seperti Hatta Rajasa (Menko Perekonomian), Prof Dr Moh Nuh (Mendiknas), Gamawan Fauzi (Mendagri) serta beberapa pejabat politik yang juga adalah pengurus ICMI menyatakan bersedia hadir pada acara itu.

Terkait tempat pelaksanaan Silaknas, Andi Bahrun mengatakan, rencananya akan dilaksanakan di gedung Utama DPRD Provinsi, sementara acara sidang-sidang akan berlangsung di salah satu hotel mewah di Kota Kendari.

(T.A056/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011