Surabaya (ANTARA) - Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas meninjau bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa pembangunan ruang asrama putri salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Selasa, peninjauan asrama putri yang selama ini dikawalnya di Ponpes Jangkung, Desa Nawangan tersebut, sekaligus dalam rangka Safari Ramadhan 1443 Hijriah.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu berharap kehadiran pondok pesantren dapat menciptakan generasi muda yang mampu menjadi panutan.

"Teruslah berupaya untuk belajar agar tetap menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama dan tetap menghormati para pemimpin," ujarnya.

Baca juga: Ibas salurkan alat panen untuk modernisasi pertanian

Ibas juga mendorong bahwa dunia pendidikan di Indonesia harus terus berkelanjutan sehingga santriwan dan santriwati bisa berhasil menjadi pemimpin-pemimpin di daerahnya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut, putra bungsu SBY itu juga ikut menanam benih kacang bersama para santri dan pengurus pondok pesantren.

Selain itu, ia membagikan beberapa bantuan untuk para santri, pengurus dan masyarakat sekitar ponpes, seperti 500 paket sembako, 200 Al Quran, dan keperluan untuk menunjang kegiatan Ramadhan lainnya.

"Dua tahun terakhir, pandemi COVID-19 menghampiri kita, bahkan tidak sedikit yang meninggal dunia. Sebagai umat Muslim, sudah seharusnya saling membantu dan terus mendoakan para syuhada yang telah gugur akibat pandemi," ucap Ibas.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Jangkung Karidi berterima kasih kepada Ibas atas bantuan yang telah diberikan selama ini.

"Kami memang sedang membutuhkan bantuan materiil karena saat ini jumlah santri semakin banyak dan sarana-prasarana belum terlalu memadai," katanya.

"Seluruh bantuan yang telah diberikan Mas Ibas Insya Allah bisa membantu agar pesantren lebih maju dan berkembang dalam berbagai bidang," tutur Karidi menambahkan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022