Palembang (ANTARA News) - Seribu tenaga medis disiapkan untuk melayani atlet dan ofisial yang akan mengikuti SEA Games ke-26 di Palembang, Sumatera Selatan, dan Jakarta.

Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih di Palembang usai meresmikan instalasi gawat darurat RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Jumat, mengatakan sebanyak 200 dokter dan 800 paramedis akan melayani atlet dan ofisial peserta SEA Games di Palembang.

Tenaga medis tersebut akan ditempatkan di venues, klinik, dan dua rumah sakit rujukan SEA Games ke-26 di Palembang, kata dia.

Menurut dia, tenaga kesehatan tersebut diharapkan dapat berperan secara optimal sesuai standar melaksanakan pendampingan dan penanganan masalah kesehatan.

Sejauh ini, persiapan tim medis sudah berjalan optimal dan siap bekerja, ujar dia.

Ia mengatakan, dua rumah sakit yang menjadi rujukan SEA Games ke-26 adalah RSUP M Hoesin dan RS RK Charitas karenakeduanya sangat representatif melayani kesehatan para atlet dan ofisial.

Bukan hanya tenaga kesehatan yang telah siap, tetapi peralatan pendukung pelayanan kesehatan juga sesuai standar, kata dia.

Dia menjelaskan, telah berkeliling venues di Jakabaring untuk melihat dari segi kesehatannya. Pembangunan memang belum selesai semua, tetapi semangat kerja keras diyakini mampu menyelesaikan segala persiapan tepat waktu.

Gubernur Sumsel Sumsel H Alex Noerdin mengatakan fasilitas kesehatan untuk atlet telah disiapkan secara optimal.

"Kami menargetkan koordinasi lintas tim akan terus berjalan efektif, sehingga tidak ada masalah termasuk dari bidang kesehatan atau bidang lainnya," kata dia.

Alex menambahkan, belajar dari SEA Games di Laos dua tahun lalu sebagai pemimpin rombongan, dirinya dapat melihat betapa siap rumah sakit dan tenaga kesehatan di negara itu dalam melayani pasien.

Begitu juga, ketika salah satu wartawan media nasional terkena serangan jantung, langsung ditangani secara komprehensif dengan fasilitas yang sangat bagus, kata dia.
(ANT-127/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011