Tabanan (ANTARA) - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya berupaya memajukan dunia pendidikan di daerahnya dengan menjalin kerja sama dengan tiga universitas di Bali yakni Universitas Triatma Mulya, Universitas Bali International (UNBI), dan Universitas Hindu Nasional Gusti Bagus Sugriwa.

Kerja sama dijalin dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan universitas itu terkait penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi di Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Universitas di Bali ini bebaskan SPP sejumlah mahasiswa sampai lulus

"Adanya kesepakatan ini bertujuan meningkatkan dan membina hubungan kelembagaan antara Pemkab Tabanan dan Universitas Triatma Mulya dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat," kata Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya di Tabanan, Bali Selasa.

Selain itu, kerja sama penyelenggaraan pendidikan S2 magister manajemen, kerja sama dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kerja sama dalam penyelenggaraan pengabdian masyarakat serta kerja sama dalam pembinaan dan pengembangan institusi.

Baca juga: Menag dan Gubernur Bali hadiri peluncuran Universitas Hindu Negeri

"Kami di Pemkab Tabanan menyambut baik semua universitas apapun yang ada di Bali, karena pasti tujuannya baik, untuk mengedukasi masyarakat, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak baik menjadi baik," ujar Sanjaya.

Ia mengatakan program kesehatan itu tepat seperti 10 program pokok PKK, tapi memang dari sisi kesehatannya belum banyak bercerita. "Nanti dengan kerja sama perguruan tinggi, masyarakat bisa dibantu untuk diedukasi dan diberikan pengetahuan terkait kesehatan," katanya.

Baca juga: Dinkes Bali gandeng Universitas Udayana atasi kekurangan dokter

Dengan penandatanganan perjanjian itu, Sanjaya menyatakan akan terus berkomitmen untuk mendukung majunya pendidikan di segala jenjang dan segala bidang.

Sanjaya berharap program-program yang sudah dirancang oleh perguruan tinggi tersebut, dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk para mahasiswa namun masyarakat secara umum, agar dapat mendukung tercapainya visi Tabanan menuju masyarakat yang unggul dalam Tabanan era baru yang aman, unggul, dan madani (AUM).

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Pande Yudha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022