Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pengelola Terminal Tipe A Simpang Nangka, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan, seluruh armada bus untuk arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah yang masuk ke wilayah itu laik jalan.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Simpang Nangka, Martin di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan kendaraan (ramp check) terhadap armada bus yang masuk ke Terminal Simpang Nangka beberapa hari lalu.

"Kita sudah melakukan 'ramp check' secara menyeluruh kepada puluhan armada bus yang masuk ke Terminal Simpang Nangka, pemeriksaan telah kami laksanakan dari tanggal 11 hingga 13 April lalu dengan hasil seluruhnya laik jalan," kata dia.

Dia menjelaskan, kendaraan yang diperiksa adalah bus dari enam perusahaan otobus (PO) yang masuk ke Terminal Simpang Nangka baik yang datang dari arah Kota Bengkulu maupun bus dari arah Kota Lubuklinggau (Sumatera Selatan) menuju Kota Bengkulu.

Armada bus yang telah menjalani pemeriksaan ini, kata dia, yakni PO SAN, PO Putra Rafflesia, Putra Simas, CSH, Damri dan Waspada. Armada bus ini merupakan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) baik yang melayani antarprovinsi di Pulau Sumatera maupun yang melayani rute ke kota-kota di Jawa.

Pemeriksaan kendaraan bus yang masuk ke terminal daerah itu, tambah dia, setelah "ramp check" pada 11-13 April lalu akan terus dilakukan sehingga nantinya bisa diketahui ada-tidaknya kendaraan yang tidak laik jalan.

Sejauh ini dari pantauan di Terminal Simpang Nangka belum terjadi peningkatan jumlah penumpang yang akan mudik. Peningkatan jumlah penumpang ini diperkirakan baru akan terjadi pada H-7 lebaran mendatang.

"Saat ini jumlah bus yang masuk ke Terminal Simpang Nangka setiap harinya masih 11 bus  baik tujuan ke sejumlah provinsi di Sumatera maupun ke kota-kota di Jawa," katanya.
Baca juga: Arus mudik di Terminal Simpang Nangka meningkat
Baca juga: Perusahaan Otobus tak boleh angkut penumpang di luar terminal

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022