Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Fadli Zon berupaya menjadikan keris menjadi bagian dari ekonomi kreatif.

"Perkerisan bisa menjadi ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun SNKI Ke-16 dan Hari Keris Nasional, di Depok, Jawa Barat, Selasa malam.

Sandiaga mengatakan perkerisan dapat menyerap tenaga kerja. Ia mengatakan siap berkolaborasi dengan SNKI untuk meningkatkan semangat perajin keris di Indonesia.

Apalagi, katanya, keris merupakan warisan kebudayaan Nusantara yang telah diakui dunia sehingga memang harus dilestarikan.

Sementara Fadli Zon mengatakan keris sangat bisa menjadi salah satu bagian ekonomi kreatif.

Fadli Zon mengatakan, saat ini telah ada Lembaga Sertifikasi Perkerisan yang mengawasi 29 pekerjaan.

Agar keris makin bergairah, Fadli akan berupaya agar keris mendapat tempat di kalangan milenial.

Fadli Zon juga mengatakan ketika ia menjadi Wakil Ketua DPR, ia selalu memberikan cenderamata berupa keris kepada tamunya terutama yang berasal dari luar negeri.

Ia mengatakan keris tidak hanya ada di Pulau Jawa saja namun dari seluruh Nusantara mulai dari Aceh hingga Papua.

Sementara itu Kemendikbud pernah menyatakan usai ditetapkan sebagai intangible cultural heritage (warisan budaya bukan benda) oleh UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) pada tahun 2008, keris Indonesia telah mendukung aktivitas perekonomian rakyat.

Dukungan tersebut terlihat pada peningkatan produsen keris Indonesia di masyarakat. Selain itu, terdapat modifikasi metode promosi yang memberikan dampak positif terhadap jangkauan pasar keris Indonesia.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022