Jakarta (ANTARA) - Johnny Depp mengambil sikap pada Selasa (19/4) sore dalam persidangan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya Amber Heard, dengan mengatakan bahwa dia fokus pada "membersihkan catatan" terkait tuduhan bahwa dia terlibat kekerasan dalam rumah tangga.

"Kebenaran adalah satu-satunya hal yang saya minati. Kebohongan tidak akan membawa Anda ke mana-mana, tetapi kebohongan dibangun di atas kebohongan dan dibangun di atas kebohongan, saya terobsesi dengan kebenaran," ujar Depp dilansir Variety pada Rabu.

Baca juga: Amber Heard berharap Johnny Depp bisa "move on"

Di bawah interogasi dari pengacaranya sendiri, Depp membantah bahwa dia pernah melakukan kekerasan terhadap Heard, atau dengan wanita lain.

Heard menuduh Depp memukul, mencekik dan menendangnya beberapa kali selama hubungan mereka. Dia juga menuduh bahwa Depp pernah melakukan pelecehan seksual terhadapnya dalam perkelahian di Australia pada tahun 2015. Depp dan Heard bercerai pada 2016.

Pada bulan Desember 2018, Heard menerbitkan sebuah opini di Washington Post di mana dia menyinggung tuduhan sebelumnya, meskipun tidak mengidentifikasi nama Depp. Depp menggugatnya sebesar 50 juta dolar.

"Saya merasa itu adalah tanggung jawab saya untuk tidak hanya membela diri saya sendiri dalam kasus itu, tetapi juga membela anak-anak saya," kata Depp.

"Saya pikir itu jahat bahwa anak-anak saya harus pergi ke sekolah dan teman-teman atau orang-orang di sekolah mendekati mereka dengan sampul majalah People yang terkenal dengan wajah memar gelap di wajah Ms. Heard," lanjutnya.

Baca juga: Johnny Depp merasa jadi korban "cancel culture" di Hollywood

Depp mengatakan tuduhan terhadapnya sangat keji dan mengganggu serta tidak didasarkan pada kebenaran apa pun.

"Sangat aneh ketika suatu hari, Anda menjadi Cinderella dan dalam 0,6 detik Anda menjadi Quasimodo," ujar bintang "Minamata" itu.

Depp juga bersaksi tentang pelecehan fisik yang dia alami di tangan ibunya ketika tumbuh besar di Kentucky, mengatakan bahwa dia akan melemparkan barang-barang ke arahnya dan memukulinya dengan sepatu hak tinggi.

Dia juga berbicara tentang awal hubungannya dengan Heard dengan mengatakan bahwa mantan istrinya seperti terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

"Dia penuh perhatian. Dia mencintai. Dia pintar. Dia baik. Dia lucu. Dia pengertian," ujar Depp.

Baca juga: Festival Film San Sebastian berikan penghargaan pada Johnny Depp

Pemain film "Pirates of The Caribbean" ini menambahkan bahwa mereka memiliki minat yang sama dalam musik blues dan Heard sering melepas sepatunya ketika dia kembali ke rumah.

Tetapi dalam waktu satu setengah tahun, dia berkata, "seolah-olah Heard hampir menjadi orang lain."

Depp juga berbicara tentang karir aktingnya, dan tentang bagaimana dia mengembangkan karakter Kapten Jack Sparrow untuk film "Pirates of the Caribbean" pertama. Dia mengatakan mendapat inspirasi dari kartun Bugs Bunny dan Wile E. Coyote, dan merasa bahwa karakter kartun dapat menarik segala usia.

"Ini seperti membuat sup, lho. Itu hanya bahan-bahan. Ada beberapa Pepe Le Pew di sana. Ada beberapa Keith Richards di sana," kata Depp.

Setelah sukses dengan film tersebut, dia mengatakan ketenarannya menjadi lebih intens. Penggemar akan mencoba memasuki propertinya dengan berpakaian seperti Jack Sparrow, dan dia merasa perlu menyewa lebih banyak keamanan untuk berurusan dengan paparazzi.

Depp juga menyampaikan pesan teks yang telah diperkenalkan dalam persidangan, di mana dia berbicara dalam bahasa kasar dan vulgar tentang Heard. Dia mencatat bahwa telah dipengaruhi oleh Hunter S. Thompson dan Monty Python, dan bahwa dia rentan terhadap "humor gelap."

"Saya malu dengan beberapa referensi yang dibuat. Saya malu bahwa pada saat itu, apa yang saya rasakan pergi ke tempat-tempat gelap," ujar Depp.

Baca juga: Sidang banding Johnny Depp vs The Sun digelar bulan depan

Dia diminta untuk mengatasi penggunaan narkoba, yang juga muncul berulang kali selama persidangan. Depp mengatakan bahwa dirinya tidak menggunakan narkoba untuk "pesta", melainkan untuk melarikan diri.

"Saya telah mengambil zat untuk mematikan diri saya sendiri, untuk mematikan diri saya dari hantu, hantu yang masih bersama saya sejak masa muda saya," katanya.

"Itu pada dasarnya adalah pengobatan untuk diri saya sendiri, salah satu momen 'keluarkan saya dari sini', di mana yang ingin Anda hindari adalah otak Anda sendiri, kepala Anda sendiri," lanjut Depp.

Depp memang mengakui bahwa dia menjadi tergantung pada Roxicodone - resep penghilang rasa sakit - setelah melukai dirinya sendiri saat melempar kursi di "Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides", film keempat dalam waralaba.

Baca juga: Johnny Depp ajukan banding terkait The Sun

Dia mengatakan sudah menggunakan pil selama empat hingga lima tahun, atau lebih.

Depp dan Hunter S. Thompson telah menjadi teman di tahun-tahun sebelum Thompson bunuh diri pada tahun 2005. Depp berbicara tentang pertemuan pertama Heard selama casting "Rum Diary" pada 2011 yang diproduksi Depp, didasarkan pada novel Thompson.

"Saya pikir ya, itulah Chenault yang diinginkan Hunter. Itu dia. Dia pasti bisa membunuhku," ujar Depp.

Saat menjadi pasangan, Depp mengatakan bahwa mereka menyamakan diri mereka dengan Humphrey Bogart dan Lauren Bacall, pasangan selebriti yang juga memiliki perbedaan usia yang cukup jauh. Mereka saling memanggil "Steve" dan "Slim", karakter Bogart dan Bacall dalam film "To Have and Have Not".

"Saya mengakui fakta bahwa saya adalah orang tua yang kasar, Bogey dan dia adalah makhluk yang cantik ini makhluk yang menakjubkan ini," katanya.

Saat mendiskusikan hubungan mereka, Depp mengatakan bahwa itu baik pada awalnya, tetapi setelah beberapa saat, hal-hal mulai terungkap dengan sendirinya. Dia mengatakan bahwa Heard akan bereaksi buruk jika ingin begadang untuk menonton TV dan ingin pergi tidur.

"Saya tidak mengerti mengapa saya sebagai pria berusia 50-an tahun tidak diizinkan tidur ketika saya mau, tapi ketika dia menginginkannya," ujar Depp.

Kesaksian Depp akan dilanjutkan pada Rabu.

Persidangan akan berlangsung hingga akhir Mei, dan Heard juga akan memiliki kesempatan untuk bersaksi dalam pembelaannya.

Depp juga bersaksi panjang lebar dalam persidangan pencemaran nama baik terhadap surat kabar The Sun di Inggris pada Juli 2020. Depp menggugat publikasi tersebut setelah menggambarkannya sebagai "pemukul istri". Hakim memutuskan melawan Depp dalam kasus itu, menemukan bahwa tuduhan Heard "secara substansial benar."


Baca juga: Johnny Depp merasa diboikot komunitas Hollywood, kenapa?

Baca juga: Sineas perempuan kritik penghargaan untuk Johnny Depp

Baca juga: Johnny Depp dan Michael Caine akan dapat penghargaan Karlovy Vary


 


 

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022