Dagangan menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan Dalam Negeri, serta TNI dan Polri untuk memastikan ketersediaan pasokan sembako tetap stabil, khususnya di kota-kota kecil
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan (startup) e-commerce Dagangan, memperluas layanan sampai ke kota-kota kecil untuk membantu pemerintah menstabilkan harga sembako sekaligus menghindari penurunan konsumsi rumah tangga akibat lonjakan harga pangan terutama pada Ramadhan 2022.

“Dagangan menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan Dalam Negeri, serta TNI dan Polri untuk memastikan ketersediaan pasokan sembako tetap stabil, khususnya di kota-kota kecil,” kata CEO dan Co-founder Dagangan Ryan Manafe dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dagangan adalah startup ecommerce yang fokus melayani masyarakat di wilayah pedesaan dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan primer hingga kebutuhan harian lainnya secara grosir dan eceran melalui aplikasi.

"Visi kami adalah memaksimalkan potensi ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia melalui efisiensi rantai pasok dan digitalisasi aktivitas ekonomi," kata Ryan.

Selain bekerja sama dengan instansi pemerintah, Dagangan juga bekerja sama secara langsung dengan pemilik jenama besar, seperti perusahaan Sinar Mas selaku produsen minyak goreng.

Ia menjelaskan pada minggu kedua bulan Ramadhan 2022, transaksi Dagangan telah meningkat sebesar 22 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dengan transaksi paling banyak berasal dari kota Demak, Kendal dan Salatiga.

Khusus Ramadhan, Dagangan juga menghadirkan rangkaian program yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan lebih menguntungkan yang menyediakan paket sembako murah.

Sebagai informasi, saat ini Dagangan memiliki gudang mikro tersebar di berbagai pelosok daerah di pulau Jawa, di mana sejak 2019, layanan Dagangan telah menjangkau lebih dari 8.000 desa yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Baca juga: Erick Thohir siapkan 40.000 paket sembako di 7 titik Jabodetabek
Baca juga: Mendag: Seluruh harga bahan pokok stabil dan stok aman
Baca juga: 2.000 paket sembako disiapkan Baznas Palembang untuk pengurus masjid

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022