Jakarta (ANTARA) - Gojek dan GoTo Financial memperkenalkan fitur "Pohon Kolektif #GoGreener" yang memungkinkan pelanggan ikut menanam pohon dengan hanya berkontribusi Rp1.000 saat naik GoRide dan Rp2.000 saat naik GoCar.

Melalui "Pohon Kolektif #GoGreener" dan jelang peringatan Hari Bumi pada 22 April mendatang, Head of Sustainability GoTo Group Tanah Sullivan mengatakan pihaknya berkomitmen menambahkan jumlah pohon yang berhasil dikumpulkan konsumen pada periode 22 April hingga 21 Mei 2022.

"Kami bangga teknologi Gojek bisa menggerakkan banyak orang untuk berkontribusi pada lingkungan dengan cara yang semakin mudah," kata Tanah dalam webinar pada Rabu.

Pelanggan dapat mengaktifkan "Pohon Kolektif #GoGreener" dengan memilih tombol di sebelah voucher saat melakukan pemesanan GoRide atau GoCar. Pelanggan dapat menggeser tombol yang ada untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Gojek kerja sama dukung UMKM di Teras Malioboro Yogyakarta

Tanah mengatakan fitur ini dioperasikan melalui kerja sama dengan Jejak.in, yaitu startup tanah air di bidang yang menyediakan solusi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), untuk memantau serta mengelola pohon atau tanaman.

Tanah mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat lebih mudah lagi dalam berpartisipasi mengurangi dampak perubahan iklim.

"Keterlibatan inisiatif ini juga bertujuan memperluas edukasi konsep penyerapan jejak karbon," ujarnya.

"Pohon Kolektif #GoGreener" merupakan bagian dari program #GoGreener yang diluncurkan Gojek pada 2019 bertujuan untuk menghapus jejak karbon. Kurang dari satu bulan pertama sejak fitur diluncurkan, terdapat lebih dari 100 ribu konsumen yang mengaktifkan fitur "Pohon Kolektif #GoGreener".

"Sebagai langkah awal peluncuran fitur ini, Gojek kembali menanam 1.000 bibit pohon di Demak, Jawa Tengah, dan setiap tiga bulan pohon yang berhasil dikumpulkan oleh konsumen akan ditanam di lokasi tersebut serta lokasi-lokasi lainnya," kata Tanah.

Penanaman tersebut menambah 5.000 pohon yang sebelumnya telah ditanam dan diadopsi oleh Gojek dan konsumen di 13 lokasi berbeda di wilayah Indonesia sepanjang periode 2020 hingga 2021.

Menurut Tanah, pihaknya belum lama ini juga telah menyelesaikan inisiatif #GoGreener lainnya, yaitu rangkaian workshop bagian dari kampanye #DariAksiKecil yang diikuti lebih dari 1.730 mitra UMKM sejak Februari hingga awal April.

Kampanye #DariAksiKecil turut bermitra dengan organisasi lainnya, seperti Waste4Change yang memungkinkan mitra usaha dapat menjual minyak jelantah dan sampah kering untuk didaur ulang. Selain itu, disediakan pula promo untuk setiap pembelian packaging ramah lingkungan di Avani Eco khusus bagi mitra usaha Gojek dan GoTo Financial.

Baca juga: Sedekah semakin mudah lewat layanan digital

Baca juga: GoTo alokasikan dana Rp310 miliar untuk mitra pengemudi

Baca juga: Gojek buat pelatihan anti kekerasan seksual untuk mitra pengemudi

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022