Koba, Babel, (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau rumah produksi produk makanan olahan berbahan baku ikan di Desa Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah.

"Saya tentu sangat terkesan bisa melihat sentra produk olahan yang mampu menyerap banyak tenaga kerja di Desa Kurau Barat ini," kata Sandiaga saat melihat langsung proses produksi produk olahan di Kurau Barat, Rabu.

Kedatangan Sandiaga Uno di Desa Kurau Barat bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"IKM di Kurau Barat ini saya lihat sudah sejak lama mengembangkan produk olahan berbahan baku ikan menjadi aneka makanan ringan atau oleh-oleh khas daerah," kata menteri.

Baca juga: Sandiaga ajak pemuda Babel gelorakan gerakan bangga buatan Indonesia

Menteri mengajak pemerintah daerah untuk terus mendorong dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan para IKM tersebut.

"Ini tugas pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan mengembangkan produk mereka melalui program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," katanya.

Menteri berharap produk yang dihasilkan para IKM tersebut di antaranya kretek, getas, kemplang dan aneka produk khas lainnya tidak hanya dipasarkan dalam skala lokal tetapi sudah merambah secara nasional.

"Melalui pasar digital saya berharap produk khas Desa Kurau Barat ini bisa juga viral di luar provinsi terutama di sejumlah bandara sebagai produk oleh-oleh," katanya.

Baca juga: Menparekraf sebut kuliner sebagai pariwisata unggulan di Belitung

Pewarta: Ahmadi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022