Gorontalo (ANTARA) - Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) Nelson Pomalingo menyatakan keinginannya untuk "mewarnai" Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan dengan tanaman kelapa.

"Tidak ada daerah satu pun yang tidak punya kelapa di Indonesia ini. Seluruh Indonesia pasti ada kelapa, yang berbeda hanya jumlah dan jenisnya," ujar Nelson di Gorontalo, Rabu.

Nelson yang juga menjabat sebagai Bupati Gorontalo itu menjelaskan kelapa merupakan identitas Nusantara dan memiliki berbagai fungsi dalam lingkungan, salah satunya menyimpan air.

"Maka, dalam rangka pelestarian lingkungan melalui penanaman kelapa sebagai warna IKN, saya akan mengundang para bupati penghasil kelapa untuk membawa jenis kelapanya untuk ditanam di sana," ucapnya.

Menurut Nelson, IKN sudah menjadi keputusan politik, berarti keputusan rakyat, karena yang memutuskan adalah para wakil rakyat.

"Di sisi lain pemerintah juga begitu semangat, terutama Presiden Jokowi, melahirkan IKN," kata dia.

Nelson mengungkapkan dari sisi ekonomi, kelapa memiliki nilai yang luar biasa, sedangkan dari sisi sosiologis, kelapa telah digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan adat dan budaya di Indonesia.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022