Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan menyediakan posko khusus tim Indonesia guna memudahkan keperluan kontingen Merah Putih selama penyelenggaraan SEA Games 2021 Vietnam pada 12-23 Mei.

Sekretaris Jenderal KOI Ferry J Kono mengatakan posko tim Indonesia akan tersedia di tiga klaster SEA Games 2021 dan berpusat di Hanoi.

"Ini semua kami lakukan untuk memudahkan koordinasi antarkota dan provinsi sehingga cabang olahraga dan atlet tim Indonesia dapat bertanding dengan nyaman," kata Ferry dalam siaran pers KOI yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pelaksanaan SEA Games 2021 Vietnam tersebar di 12 kota, yaitu Hanoi, Hoa Binh, Bac Giang, Quang Ninh, Bac Ninh, Vinh Phuc, Hai Phong, Ninh Binh, Nam Dinh, Phu Tho, Ha Nam, dan Hai Duong.

Baca juga: CdM harap Jokowi lepas kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam

Kontingen Indonesia, lanjut Ferry, membagi kota-kota tersebut menjadi tiga klaster dengan setiap kluster didampingi seorang manajer demi memudahkan koordinasi.

Klaster I meliputi kota Hanoi dan beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di area selatan akan ditangani Richard Sam Bera.

Klaster II meliputi Hanoi bagian utara, barat laut, dan timur menjadi tanggung jawab Andri Paranoan. Sedangkan klaster III mencakup wilayah ujung timur yang jaraknya 3,5 jam dari kota Hanoi ditangani Cresida Mariska.

Selain posko tim Indonesia, KOI juga akan membawa tim dokter tambahan untuk memperkuat tim medis kontingen. Tim Chef de Mission (CdM), lanjut dia, juga akan membawa alat uji tes COVID-19 dari Indonesia sebagai antisipasi selama di Vietnam meski sejatinya panitia penyelenggara, VIESGOC, bakal menyediakan tes berkala bagi seluruh kontingen yang terlibat di SEA Games.

"Ada uji rutin, tetapi semua alat-alat ini kami bawa sebagai pembanding hasil tes yang dilakukan panitia sehingga selain alasan kesehatan, kami juga memastikan atlet-atlet kita ini tidak mendapat perlakuan yang nantinya dapat berdampak pada jadwal pertandingan karena adanya hasil false positive," tambah Ferry.

SEA Games 2021 akan dilaksanakan pada 12-23 Mei. Kontingen Indonesia akan berpartisipasi pada 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam multievent dua tahunan itu.

Baca juga: KOI sediakan tim recovery dan medis untuk atlet SEA Games Vietnam
Baca juga: Juara PON tidak otomatis berlaga di SEA Games Vietnam

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022