Panglima: TNI dan ADF perlu perkuat persahabatan antarprajurit

Panglima: TNI dan ADF perlu perkuat persahabatan antarprajurit

Tangkapan layar - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) dan Panglima Angkatan Bersenjata Australia (ADF) Jenderal Angus Campbell (kiri) membahas peningkatan kerja sama militer dua negara di Victoria Barracks, Sydney, Australia, sebagaimana disiarkan kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Rabu (20/4/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi/

Saya berharap dalam beberapa hari ke depan, ada langkah-langkah yang dibuat untuk memperdalam kemitraan itu
Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Australia (ADF) perlu mendukung penguatan hubungan persahabatan antarprajurit.

“Yang saya harapkan dari pertemuan (antardelegasi TNI dan ADF) adalah kemitraan, persahabatan, keramahan, dan ada yang lebih penting, yaitu melanjutkan kerja sama yang telah terbangun dan membuatnya jadi lebih baik,” kata Andika ke Panglima Angkatan Bersenjata Australia Jenderal Angus Campbell di Victoria Barracks, Sydney, Australia, sebagaimana disiarkan kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan TNI-ADF Leaders Summit, Andika Perkasa menjelaskan hubungan persahabatan itu juga penting diwujudkan selain peningkatan kerja sama bidang militer dan pertahanan.

Baca juga: TNI AD dan AD Thailand tanda tangan pengaturan kerja sama ke empat

Oleh karena itu, Panglima TNI sengaja mengikutsertakan banyak perwira dari tiga matra TNI untuk hadir secara langsung dalam pertemuan TNI-ADF Leaders Summit 2022.

“Mereka nantinya juga punya tugas menjadikan kemitraan (TNI dan ADF) jadi semakin kuat,” kata Andika.

Dalam pertemuan yang sama, Andika mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Campbell dan jajarannya atas sambutan hangat di Victoria Barracks dan dukungan yang diberikan sehingga tujuan mendekatkan hubungan persahabatan antarprajurit dapat terwujud.

Baca juga: Panglima AD Thailand belajar penanganan konflik ke Aceh

Jenderal Angus Campbell menyampaikan TNI dan ADF telah memiliki hubungan persahabatan dan kemitraan yang telah lama terjalin.

Ia menilai kerja sama antara TNI dan ADF semakin kuat tiap waktunya.

Campbell pun berharap pertemuan TNI-ADF Leaders Summit dapat menjajaki peluang memperluas kerja sama antara militer dua negara.

“Saya berharap dalam beberapa hari ke depan, ada langkah-langkah yang dibuat untuk memperdalam kemitraan itu,” kata Campbell.

Baca juga: BPIP-TNI kerja sama pulihkan prajurit terpapar paham anti-Pancasila

Andika mengunjungi Australia selama beberapa hari untuk menghadiri secara langsung TNI-ADF Leaders Summit di Sydney. Pertemuan itu berlangsung di Victoria Barracks, salah satu bangunan bersejarah bagi militer Australia.

Dalam pertemuan itu, masing-masing delegasi tidak hanya mendengar arahan dari Jenderal Andika dan Jenderal Campbell, tetapi beberapa dari mereka turut memberi paparan sebagai bahan diskusi.

Dari delegasi Indonesia, Komandan Lanud El Tari Kupang Marsekal Pertama TNI Aldrin Petrus Mongan turut memberi paparan mengenai kemitraan antara TNI dan ADF.

Di ujung pertemuan, Andika dan Campbell saling bertukar cinderamata. Panglima TNI memberi wayang kepada Campbell sebagai kenang-kenangan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar