...produk-produk kelompok juga telah dipasarkan ke pasar lokal dan modern di Kota Sorong
Sorong (ANTARA) - Bank Indonesia perwakilan provinsi Papua Barat membangun rumah produksi abon ikan yang layak dan standar produksi bagi kelompok UMKM Mama Papua Miareto di kota Sorong.

Rumah produksi yang terletak di Kelurahan Malawei, kota Sorong, itu diresmikan oleh Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua Barat, dan Pemerintah Kota Sorong, Rabu, guna melanjutkan produksi dengan standar layak bagi peningkatan kualitas kelompok UMKM Mama Papua Miareto.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati mengatakan bahwa UMKM  Mama Papua Miareto Sorong merupakan UMKM binaan Bank Indonesia sejak tahun 2019.

Dia mengatakan bahwa pembangunan rumah produksi abon ikan untuk mama-mama kelompok UMKM Miareto bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan produksi, pengepakan dan pameran produk dengan memenuhi aspek higienitas dan sterilisasi karena terdapat sekat pemisah antara area produksi pengolahan dengan area lainnya.

Baca juga: Bank Papua-Bank Indonesia berkolaborasi dukung UMKM dalam Peparnas XVI

Menurut dia, adanya ruang pamer produk menjadi keunggulan dari bangunan rumah produksi abon Miareto. Saat ini konsumen dapat melakukan transaksi pembelian abon dengan nyaman dan dapat melihat secara langsung proses produksi abon.

Selain itu, penguatan usaha dalam bentuk sertifikasi BPOM menjadi lebih terakomodasi, sehingga akan memudahkan bagi UMKM dalam proses perluasan pasar ke depannya.

Dikatakan bahwa kelompok usaha UMKM Mama Papua Miareto menghasilkan produk berupa abon ikan tuna, tenggiri, dan cakalang dalam kemasan bervariasi yaitu kemasan 100 gram dan 200 gram. Sejak pendampingan dilakukan volume produksi meningkat dan pasarnya bertambah.

Upaya pendampingan kepada kelompok tersebut dijalankan oleh Bank Indonesia berpedoman pada tiga pilar yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan pembiayaan.

Dalam perjalanannya, lanjut dia, Bank Indonesia memberikan dukungan bagi pengembangan kelompok dalam memperoleh sertifikasi produk industri rumah tangga dan sertifikasi halal.

"Secara pemasaran, produk-produk kelompok juga telah dipasarkan ke pasar lokal dan modern di Kota Sorong seperti Alfamart, Saga Supermarket, Mega Supermarket dan Papua Supermarket. Selain itu, produk-produk abon ikan Miareto juga diminati oleh kantor-kantor pemerintahan, pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai oleh-oleh khas Kota Sorong," katanya.

Baca juga: Disperindakop dan UMKM Papua targetkan bina 10.000 UMKM hingga 2023
Baca juga: Pemprov Papua Barat gelar bimtek bagi UMKM Raja Ampat

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022